Thursday, April 19, 2018

Desain Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik




Silabus Berkarakter

Mata Pelajaran            :Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester           : VIII/1
Satuan Pendidikan     : SMP/MTs

Kompetensi Inti:       
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
1.1  Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan segala per-ubahannya

1.2  Menghargai ajaran agama dalam ber-pikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan ke-lembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat


1.3  Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan lingkungan-nya

1.1                Menunjuk-kan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na ditun-jukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu

1.2                Menunjuk-kan perilaku rasa ingin tahu, ter-buka, dan kritis terha-dap perma-salahan sosial sederhana


2.3        Menunjuk-kan perilaku santun, peduli, dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
Penegertian interaksi sosial.


Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.



Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

-    Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terinte-grasi) dalam pem-belajaran KI 3 dan KI 4
-  Memahami dan meng-hargai karu-nia Tuhan Yang Maha Esa yang telah men-ciptakan waktu de-ngan segala  perubahan-nya

-  Memahami dan meng-hargai ajaran agama dalam ber-pikir dan berperilaku sebagai pen-duduk Indonesia dengan mempertim-bangkan kelembaga-an sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat

-  Memahami dan meng-hargai karu-nia Tuhan Yang Maha Esa yang telah men-ciptakan manusia dan lingkungan-nya

-  Memahami dan menun-jukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu

-  Memahami dan menun-jukkan peri-laku rasa ingin tahu, terbuka, dan kritis terha-dap perma-salahan sosial seder-hana

-  Memahami dan menun-jukkan perilaku san-tun, peduli, dan meng-hargai per-bedaan pen-dapat dalam interaksi sosial de-ngan ling-kungan dan teman sebaya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMPMu Ahmad Dahlan
Mata Pelajaran          : IPS
Kelas/Semester          : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2017/2018
Alokasi Waktu           : 28 JP (14 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2     Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
3.2.1        Menjelaskan pengertian interaksi social.
3.2.2        Mendeskripsikan syarat interaksi social.
3.2.3        Membedakan bentuk-bentuk interaksi social.
3.2.4        Menjelaskan pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga social.
3.2.5        Menjelaskan pengertian lembaga social.
3.2.6        Menjelaskan jenis-jenis lembaga social.
3.2.7        Menjelaskan fungsi-fungsi lembaga social.
4.2      Menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
4.2.1        Membuat laporan tentang bentuk interaksi social di masyarakat.
4.2.2        Membuat laporan tentang hasil telaah mengenai pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga social
4.2.3        Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk norma dan sanksinya di masyarakat sekitar
4.2.4        Membuat laporan hasil diskusi tentang peran lembaga politik di tanah air.

C
TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari bab ini di harapkan siswa dapat:
Menjelaskan pengertian interaksi sosial
Menjelaskan syarat-syarat interaksi sosial
Menjelaskan bentuk interaksi social assosiatif
Menjelaskan bentuk interaksi social disosiatif
Menjelaskan pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga sosial
Menjelaskan pengertian lembaga sosial
Menjelaskan jenis-jenis lembaga sosial
Menjelaskan fungsi lembaga sosial
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk laporan lisan dan tertulis
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk presentasi kelompok

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
Ø  Interaksi Sosial
o   Pengertian dan syarat Interaksi Sosial
o   Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
Ø  Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga sosial
Ø  Lembaga Sosial
o   Pengertian Lembaga Sosial
o   Jenis dan Fungsi Lembaga Sosial

2.      Materi pembelajaran remedial
Ø  Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga social

3.      Materi pembelajaran pengayaan
Menurut Peter Berger (1978) sosialisasi adalah  proses melalui mana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
Sosialisasikanlah bagaimana cara berinteraksi di masyarakat dan lembaga sosial ?

E.
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN 



1.
Pendekatan
:
Saintifik

2.
Model Pembelajaran
:
Discovery learning, Problem Based Learning (PBL), Observasi

3.
Sumber Belajar
:
Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan

F.     Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø  Media :
©  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
©  Lembar penilaian
©  Laboratorium komputer sekolah atau warnet
©  Perpustakaan sekolah

Ø  Alat/Bahan :
©  Penggaris, spidol, papan tulis
©  Laptop & infocus
©  Slde presentasi (ppt)

Ø  Sumber Belajar :                                                                                                 
©  Buku Pedoman Guru Mapel IPS Kelas VII
©  Buku Pegangan Siswa Mapel IPS Kelas VII
©  Sumber Internet
©  Lingkungan Sekitar

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  mengecek kebersihan kelas dan kerapihan siswa dengan begitu guru menanamkan sikap kerapihan, disiplin dan bersih
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran dengan begitu melatih siswa untuk bersikap religius
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai pembelajaran sikap disiplin
  • mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya sehingga melatih siswa untuk kerja keras
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial 
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan, agar dapat melatih siswa untuk kreatif
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial  dengan cara :

v  Mengamati
Menayangkan video tentang Interaksi Sosial
v  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan video yang disajikan oleh guru dan juga mengamati tentang interaksi sosial yang ada di lingkungan sekitar sekolah.



Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap video dan lingkungan sekitar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui..

Problem
statemen

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Guru mengangkat cerita tentang salah satu siswa di SMPMu Ahmad Dahlan yang menjadi penjual sosis setelah bercerita guru memberikan pertanyaan kepada siswa:
1.    Arun adalah siswa SMPMu Ahmad Dahlan, setiap jam istirahat Arun berjualan sosis dan susu dengan berkeliling ke kelas-kelas. Arun selalu berinteraksi dengan pembelinya dengan sangat sabar dan melayani mereka dengan sepenuh hati. selain itu Arun juga anak yang ramah sehingga ia di kenal guru dan memiliki banyak teman.

Pertanyaan:
Apakah ciri interaksi sosial berdasarkan cerita tentang Arun di atas?
1.      Dilakukan 2 orang atau lebih, seperti yang arun lakukan terhadap pembelinya
2.      Adanya kontak dan komunikasi, contohnya jika ada pembeli arun akan melihat lawan bicaranya dan berkomunikasi dengan ramah tamah

3.      Apa tujuan arun melakukan  melakukan interaksi sosial?

Mencoba
Siswa mempraktekkan untuk melakukan proses terjadinya Interaksi sosial baik interaksi sosial individu dan individu, individu dan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Lalu membuatnya menjadi catatan harian
Interaksi Individu dengan Individu


Interaksi Individu dengan kelompok pada pembelajaran tahfiz


Interaksi kelompok dengan kelompok pada pelajaran olahraga sepak bola
Data
collection

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian, siswa akan menemukan berbagai macam bentuk interaksi sosial yang ada di sekolahnya, melalui pengamatan dan pengalaman kesehariannya
v  Wawancara dengan nara sumber di sekitar sekolah
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang berbagai pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya maupun pengamatan yang ada di sekitarnya
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·         Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø    Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Mempresentasikan ulang
Siswa diminta mempresentasikan hasil dari pengamatannya
v  Mendiskusikan
Setelah mempresentasikan hasil dari pengamatannya, siswa dari kelompok lain diminta untuk bertanya ataupun memberi pendapat hingga tercipta diskusi yang akan melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat dan melatih siswa untuk bersosialisasi..
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan juga diskusi dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial
Verification

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
·         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial
·         Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
·         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Mencipta
Siswa diminta untuk dapat menciptakan interaksi sosial yang positif dan harmonis dalam setiap kehidupannya
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

E. Alat, Media, dan Sumber Belajar

1.   Alat                  :  -
2.   Media              :  -    PowerPoint (Video)
3.   Sumber belajar  :    -  Buku paket
- Buku lain yang relevan
-  Buku Ilmu Pengetahuan Sosial VII
F.   Penilaian
1.   Teknik/jenis     :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2.   Bentuk instrumen        :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap
3.   Pedoman penskoran    :






            Penilaian Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Bersahabat/komunikatif
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

2.
Disiplin
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

3.
Kerja keras
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

4.
Kreatif
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

5.
Mandiri
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

4.
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

5.
Teliti
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

           
Penilaian Hasil
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Mendeskripsikan Pengertian Interaksi Sosial
Tes tertulis
Uraian
2.    Arun adalah siswa SMPMu Ahmad Dahlan, setiap jam istirahat Arun berjualan sosis dan susu dengan berkeliling ke kelas-kelas. Arun selalu berinteraksi dengan pembelinya dengan sangat sabar dan melayani mereka dengan sepenuh hati. selain itu Arun juga anak yang ramah sehingga ia di kenal guru dan memiliki banyak teman.

Pertanyaan:
1. Apakah ciri interaksi sosial berdasarkan cerita tentang Arun di atas?
Jawab:
-Dilakukan 2 orang atau lebih, seperti yang arun lakukan terhadap pembelinya
-Adanya kontak dan komunikasi, contohnya jika ada pembeli arun akan melihat lawan bicaranya dan berkomunikasi dengan ramah tamah

2.      Apa tujuan arun melakukan  melakukan interaksi sosial?
-Menjalin hubungan bisnis
-Menjalin hubungan persaudaraan

2.
Menjelaskan Ciri dan Tujuan Interaksi Sosial
-              
Tes tertulis
Uraian


No comments:

Post a Comment

loading...