Silabus Berkarakter
Mata Pelajaran :Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VIII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
1.1
Menghargai karunia
Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan segala per-ubahannya
1.2
Menghargai
ajaran agama dalam ber-pikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan ke-lembagaan
sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3
Menghargai
karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan lingkungan-nya
1.1
Menunjuk-kan perilaku jujur, gotong royong,
bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na ditun-jukkan
oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu
1.2
Menunjuk-kan perilaku rasa ingin tahu, ter-buka, dan kritis terha-dap perma-salahan
sosial sederhana
2.3 Menunjuk-kan perilaku santun, peduli, dan menghargai perbedaan pendapat
dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Penegertian interaksi sosial.
Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.
Pengaruh interaksi sosial terhadap
keselarasan sosial.
|
- Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terinte-grasi) dalam
pem-belajaran KI 3 dan KI 4
|
- Memahami
dan meng-hargai karu-nia Tuhan Yang
Maha Esa yang telah men-ciptakan
waktu de-ngan segala perubahan-nya
- Memahami dan meng-hargai ajaran agama dalam ber-pikir dan berperilaku sebagai pen-duduk
Indonesia dengan mempertim-bangkan
kelembaga-an
sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
- Memahami dan meng-hargai karu-nia Tuhan Yang
Maha Esa yang telah men-ciptakan manusia dan lingkungan-nya
- Memahami dan menun-jukkan perilaku jujur,
gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu
- Memahami
dan menun-jukkan
peri-laku rasa ingin tahu, terbuka, dan kritis
terha-dap perma-salahan
sosial seder-hana
- Memahami
dan menun-jukkan
perilaku san-tun,
peduli, dan meng-hargai
per-bedaan pen-dapat dalam interaksi sosial de-ngan ling-kungan
dan teman sebaya
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPMu Ahmad Dahlan
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Alokasi Waktu :
28 JP (14 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.2 Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya
terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
|
3.2.1
Menjelaskan
pengertian interaksi social.
3.2.2
Mendeskripsikan
syarat interaksi social.
3.2.3
Membedakan
bentuk-bentuk interaksi social.
3.2.4
Menjelaskan
pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga social.
3.2.5
Menjelaskan
pengertian lembaga social.
3.2.6
Menjelaskan
jenis-jenis lembaga social.
3.2.7
Menjelaskan
fungsi-fungsi lembaga social.
|
4.2
Menyajikan
hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan
sosial budaya
|
4.2.1
Membuat
laporan tentang bentuk interaksi social di masyarakat.
4.2.2
Membuat
laporan tentang hasil telaah mengenai pengaruh interaksi social terhadap
pembentukan lembaga social
4.2.3
Menyajikan
hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk norma dan sanksinya di masyarakat
sekitar
4.2.4
Membuat
laporan hasil diskusi tentang peran lembaga politik di tanah air.
|
C
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|
Setelah mempelajari bab
ini di harapkan siswa dapat:
|
||
Menjelaskan pengertian interaksi sosial
Menjelaskan
syarat-syarat interaksi sosial
Menjelaskan
bentuk interaksi social assosiatif
Menjelaskan
bentuk interaksi social disosiatif
Menjelaskan
pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga sosial
Menjelaskan
pengertian lembaga sosial
Menjelaskan
jenis-jenis lembaga sosial
Menjelaskan
fungsi lembaga sosial
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk
laporan lisan dan tertulis
Trampil membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk presentasi
kelompok
|
||
D. Materi Pembelajaran
1. Materi
pembelajaran regular
Ø Interaksi
Sosial
o
Pengertian dan syarat Interaksi
Sosial
o
Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
Ø Pengaruh
Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga sosial
Ø Lembaga
Sosial
o
Pengertian Lembaga Sosial
o
Jenis dan Fungsi Lembaga Sosial
2. Materi
pembelajaran remedial
Ø Pengaruh
Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga social
3. Materi
pembelajaran pengayaan
Menurut Peter Berger (1978) sosialisasi
adalah proses melalui mana seorang anak
belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
Sosialisasikanlah bagaimana cara berinteraksi di masyarakat dan
lembaga sosial ?
E.
|
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
|
|||
1.
|
Pendekatan
|
:
|
Saintifik
|
|
2.
|
Model Pembelajaran
|
:
|
Discovery
learning, Problem Based
Learning (PBL), Observasi
|
|
3.
|
Sumber Belajar
|
:
|
Buku
Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan
sekitar, dan sumber lain yang relevan
|
F. Media, Alat,
Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
© Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
© Lembar penilaian
© Laboratorium komputer sekolah atau warnet
© Perpustakaan sekolah
Ø
Alat/Bahan :
© Penggaris, spidol, papan tulis
© Laptop & infocus
© Slde presentasi (ppt)
Ø Sumber Belajar :
© Buku Pedoman Guru Mapel IPS Kelas VII
© Buku Pegangan Siswa Mapel IPS Kelas VII
© Sumber Internet
© Lingkungan Sekitar
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v mengecek kebersihan kelas dan kerapihan siswa dengan begitu guru menanamkan sikap kerapihan,
disiplin dan bersih
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran dengan begitu melatih siswa untuk bersikap religius
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai pembelajaran sikap disiplin
Motivasi
Ø Pengertian
dan Syarat Interaksi Sosial
Pemberian
Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
60
menit
|
||||||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
E.
Alat, Media, dan Sumber Belajar
1. Alat : -
2. Media : -
PowerPoint (Video)
3. Sumber belajar
: - Buku
paket
- Buku
lain yang relevan
- Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial VII
F. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja,
dan portofolio
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan
lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Bersahabat/komunikatif
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
|
2.
|
Disiplin
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
|
3.
|
Kerja keras
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
|
4.
|
Kreatif
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
|
5.
|
Mandiri
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
|
4.
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
|
5.
|
Teliti
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
Penilaian
Hasil
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Mendeskripsikan Pengertian Interaksi Sosial
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2.
Arun adalah
siswa SMPMu Ahmad Dahlan, setiap jam istirahat Arun berjualan sosis dan susu dengan
berkeliling ke kelas-kelas. Arun selalu berinteraksi dengan pembelinya dengan
sangat sabar dan melayani mereka dengan sepenuh hati. selain itu Arun juga
anak yang ramah sehingga ia di kenal guru dan memiliki banyak teman.
Pertanyaan:
1. Apakah ciri interaksi sosial berdasarkan cerita
tentang Arun di atas?
Jawab:
-Dilakukan 2 orang atau lebih, seperti yang arun
lakukan terhadap pembelinya
-Adanya kontak dan komunikasi, contohnya jika ada
pembeli arun akan melihat lawan bicaranya dan berkomunikasi dengan ramah
tamah
2.
Apa tujuan
arun melakukan melakukan interaksi
sosial?
-Menjalin hubungan bisnis
-Menjalin hubungan persaudaraan
|
2.
|
Menjelaskan Ciri dan Tujuan Interaksi Sosial
-
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
No comments:
Post a Comment