Tuesday, April 7, 2020

KERAGAMAN LAGU DAERAH INDONESIA


KERAGAMAN LAGU DAERAH INDONESIA

Materi Pertemuan 2        : Keragaman Lagu Daerah Indonesia
Tujuan Pembelajaran        : Mengidentifikasi Keragaman Etnik dan Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi terkait keragaman etnik di Indonesia

Ø  Siswa akan membaca hand out materi selama 10 menit
Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dan mencirikan budaya daerah tertentu. lagu daerah umumnya menggunakan bahasa daerah yang mencirikan identitas kedaerahannya. Perhatikan tabel 1 yangberisi beberapa lagu daerah.
    Tabel 1 Beberapa Lagu Daerah di Indonesia
No
Asal Daerah
Nama Lagu Daerah
1
Aceh
Bungong Jeumpa
2
Jawa Barat
Bubuy Bulan
3
Jwa
Jamuran
4
Sulawesi Selatan
Angin Mamiri
5
Papua
Yamko Rambe Yamko
6
DKI Jakarta
Jali-jali
7
Sumatra Barat
Kampuang Nan Jauh di Mato
8
Kalimantan Selatan
Ampar-ampar pisang
9
NTT
Balelebo
10
Maluku
O Ulate
   Sumber : Rizky dan Wisobo (2015)



Gambar 1. Beberapa Lagu daerah di Indonesia                                Sumber: Learniseasy.com

Indonesia memiliki berbagai keragaman lagu daerah, namun saat ini keberadaannya tidak semenggema lagu-lagu pop masa kini. Saat ini lagu daerah mulai tergantikan dengan lagu-lagu pop masa kini, dalam berbagai acara TV sangat jarang yang memutarkan lagu daerah, namun justru begitu sering dipertontonkan dengan berbagai lagu pop masa kini, anak-anak masa kini sebih sering menyanyikan lagu Band-band Internasional daripada lagu daerahnya, banyak  dalam berbagai kesempatan pada lembaga pendidikan pun lagu daerah kurang diperkenalkan, misalnya saja di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, pada saat upacara bendera setiap hari senin yang merupakan sarana untuk menyanyikan lagu wajib dan lagu daerah itu pun tidak dilaksanakan, dan program pemerintah yang setiap sebelum pulang sekolah menyanyikan lagu daerah itu pun tidak terlaksan. Sehingga banyak siswa siswi di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, mereka memiliki wawasan yang kurang terhadap berbagai lagu daerah di propinsi tempat ia tinggal ataupun di propinsi lainnya.

Yang menyebabkan kurangnya wawasan siswa dan siswi SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan terhadap lagu daerah:
1.     Lagu daerah kurang diperkenalkan di berbagai acara, seperti acara upacara bendera, ataupun saat belajar mengajar.
2.    Siswa lebih menyukai lagu-lagu Internasional dari pada lagu daerah
3.    Lagu daerah kurang diperdengarkan diberbagai kesempatan misalnya di acara TV, saat ini siswa lebih mengenal lagu pop.

Terdapat Beberapa Lagu Daerah yang Sudah di Hak Patenkan Malaysia
Tabel 2.  Beberapa Lagu Daerah yang Sudah di Hak Patenkan Malaysia
No
Judul Lagu
Asal Daerah
1
Rasa Sayang-sayange
 Maluku
2
Soleram
Riau
3
Injit-injit Semut
Kalimantan Barat
4
Burung Kakak Tua
Maluku
5
Anak Kambing Saya
Nusa Tenggagra Timur
6
Jali-jali
Jakarta
Sumber: (Kompas. 2009)

Beberapa upaya pemerintah yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lagu daerah
Ø  Dilakukan melalui mata pelajaran: yaitu memasukkan pengetahuan mengenai lagu daerah melalui mata pelajaran. dan menyanyikan lagu daerah bagi lembaga pendidikan ataupun lembaga lainnya.
Ø  Menyelenggarakan Ekstrakulikuler: misalnya melalui Ekstrakulikuler musik, melalui wadah ekstrakulikuler tersebut anak-anak dapat diajarkan berbagai lagu daerah sehingga mereka akan menjadi pelestari dan memperkenalkan berbagai lagu daerah.
Ø  Pertunjukan : pertunjukan dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan. Melalui pertunjukan lagu daerah dapat kembali membumi. Pertunjukan dapat dilakukan dalam berbagai acara, misalnya upacara sekolah, perpisahan, acara pertandingan olahraga, dll.




 











DAFTAR PUSTAKA
Tim Kompas. 2009. Perlindungan Budaya Indonesia Lemah. [Online]. Tersedia:https://properti.kompas.com/read/2009/08/31/05475977/perlindungan.budaya.indonesia.lemah?page=all. Diakses pada 12 Agustus 2019.
Rizky dan Wisobo. 2015. Mengenal Seni dan Budaya 34 Propinsi di Indonesia. Jakarta Cerdas Interaktif

Learniseasy.2012. 2019 Peta Indonesia Ukuran Besar Terbaru HD 34 Provinsi. Tersedia di:https://learniseasy.com/peta-indonesia/




No comments:

Post a Comment

loading...