Wednesday, August 15, 2018

Profil Lengkap Negara Islandia


Islandia terletak di utara Samudera Atlantik timur Greenland dan hanya menyentuh Lingkaran Arktik. Ini adalah salah satu daerah yang paling vulkanik di dunia. Lebih dari 13% ditutupi oleh hamparan salju dan gletser, dan sebagian besar orang tinggal di 7% dari pulau yang terdiri dari coastland subur. Islandia memiliki ekonomi pasar bebas dengan pajak perusahaan relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara OECD lainnya, sambil mempertahankan sistem kesejahteraan Nordic yang menyediakan perawatan kesehatan universal dan pendidikan tinggi bagi warganya. Pada 2013, ia menduduki peringkat sebagai negara yang paling maju 13 di dunia oleh Perserikatan Bangsa 'Indeks Pembangunan Manusia PBB.

Motto                                      Tidak ada
Lagu kebangsaan                    Lofsöngur
Ibu kota                                   :Reykjavík
Bahasa resmi                           : Islandia
Pemerintahan              : Republik parlementer
Presiden                                  : Ólafur Ragnar Grímsson
Perdana Menteri                      : Sigmundur Davíð Gunnlaugsson
Kemerdekaan                          : dari Denmark 
Kedaulatan                              : 1 Desember 1918 
Republik                                  : 17 Juni 1944 
PDB (KKB)                            : Perkiraan 2012
Total                                        : $12,831 miliar 
Per kapita                                : $39.223 
PDB (nominal)                        : Perkiraan 2012
Total                                        : $13,654 miliar 
Per kapita                                : $41.739 
IPM (2004)                             : ▲ 0,960 (tinggi) (2)
Mata uang        :  Króna Islandia (ISK)
Zona waktu     : GMT (UTC+0)
Kode telepon  : 354

SEJARAH ISLANDIA
 Orang pertama yang tinggal di Islandia adalah para pendeta Irlandia yang datang pada awal abad ke-9. Pada pertengahan abad ke-9, bangsa Viking bermigrasi dan tinggal di Islandia. Viking pertama yang tinggal di Islandia adalah Flóki Vilgerðarson. Dialah yang memberi Islandia nama seperti sekarang. Ingólfur Arnarson, seorang kepala suku dari Norwegia, tinggal dan menetap di barat daya Islandia dan mendirikan kota Reykjavik.
Sekitar tahun 930-an, para penguasa Islandia mulai menulis konstitusi negara mereka. Mereka membuat apa yang dinamakan Althing, sejenis parlemen yang berkantor pusat di kota Þingvellir. Islandia dapat dikatakan sebagai negara bersistem demokrasi tertua yang masih bertahan sampai sekarang.
Pada tahun 985, Erik si Merah diasingkan dari Islandia karena telah membunuh seseorang. Dia lalu berlayar ke barat dan menemukan Greenland. Anak Erik, Leif Erikson, menemukan Amerika pada tahun 1000 dan menamakannya Vinland. Perjalanan Erik, Leif, dan pengikutnya dikisahkan dalam sebuah saga.
Pada tahun 1262, Islandia menjadi bagian dari Norwegia hingga pada tahun 1814 Islandia menjadi bagian dari Denmark. Pada akhir abad ke-19, banyak penduduk Islandia yang ingin memerdekakan dari Denmark. Pada tahun 1918, Islandia mendapatkan kedaulatannya, tetapi raja Denmark masih didaulat menjadi raja Islandia.
Ketika Jerman menduduki Denmark pada tanggal 9 April 1940, Althing memutuskan bahwa Islandia adalah milik rakyat Islandia. Akan tetapi, mereka masih belum mendeklarasikan kemerdekaan pada saat itu. Tentara Inggris dan menyusul kemudian Amerika Serikat berinisiatif untuk menduduki Islandia supaya tidak diserang Jerman. Pada tahun 1944, Islandia akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya.
Setalah Perang Dunia II, Islandia menjadi anggota NATO, tetapi tidak menjadi anggota Uni Eropa. Antara tahun 1958 hingga 1976, terjadi tiga kali selisih paham antara Islandia dengan Inggris tentang siapa yang berhak mengambil ikan kod dari perairan di sekitar Islandia. Peperangan tersebut disebut Perang Kod. Tidak ada korban dalam perang tersebut. Pada tahun 1980, Vigdís Finnbogadóttir terpilih menjadi presiden. Dia merupakan presiden wanita pertama di Islandia.
Selisih aham ini menyebabkan peperangan antara Islandia dan Inggris peperangan ini dinamakan peperangan Kod.  Dalam perang itu tidak ada korban yang jatu. Pada tahun 1980 Vigdis Finnbogadottir terpilih menjadi presiden. Dan di merupakan presiden wanita pertama dan persiden keempat  yang memimpin Islandia

GEOGRAFI ISLANDIA

Negara ini terletak di SamuderaAtlantis  Utara.  Pulau ini berada disebelah selatan lingkaran kutub. Meskipun negara ini secara geografis terletak dekat  Greendlad (Amerika Utara) tetapi negara ini merupakan bagian dari Eropa, terutama dalam aspe historis, politis, budaya dan sebagainya.
Islandia adalah pulau terbesar ke-18 didunia . semetara di Eropa ia dinobatkan sebagai pulau terbesar kedua setelah inggris. Luas keseluruhan pulauini  Luas Total  103,001 km2 dengan luas Perairan 2,7 %.

IKLIM
Islandia memiliki iklim yang beragam, yang tidak selalu dingin sepanjang waktu. Pada bulan-bulan musim panas, suhu bisa mencapai setinggi 95 derajat F, meskipun hal ini tidak mungkin dalam komponen utara negara itu. Musim dingin suhu bisa drop di bawah titik beku. Anda akan melihat salju. Sebuah perbedaan besar bagi banyak siswa internasional adalah siang hari yang hampir konsisten sepanjang hari dan malam panjang selama musim panas. Selama bulan-bulan musim dingin, ada sangat sedikit cahaya sama sekali.

LUAS DAN POPULASI

Dari delapan munisipalitas Wilayah Reykjavík Raya, Reykjavík adalah yang paling padat dengan 118.427 jiwa dan Kjósarhreppur adalah yang paling jarang dengan 195 jiwa. Meski begitu, Kjósarhreppur memiliki luas terbesar di antara delapan munisipalitas dengan 28.773 km2 (11,109 mil²) dan Seltjarnarnes adalah yang terkecil dengan luas 231 km2 (89 mil²).

Munisipalitas
Populasi
Luas (km2)
Kepadatan (/km2)
Reykjavík
118,427
277.10
427
Kópavogur
30,314
83.74
362
Hafnarfjörður
25,872
143.33
181
Garðabær
10,587
68.52
155
Mosfellsbær
8,527

193.66
44
Seltjarnarnes
4,406
2.31
1,907
Álftanes
2,524
5.85
431
Kjósarhreppur
195
287.73
0.7
Total
200,852
1,062.24
189


PEMERINTAHAN
  • Nama resmi: Republic of Iceland [Lydveldid Island]
  • Ibukota: Reykjavik
  • Luas wilayah (km2): 103.021
  • Jenis kekuasaan: Republik
  • Bentuk negara: Kesatuan (Sentralis). Islandia terdiri atas 8 region, yaitu: Austurland, Hofudhborgarsvaedhi, Nordhurland Eystra, Nordhurland Vestra, Sudhurland, Sudhurnes, Vestfirdhir, dan Vesturland.
  • Sistem pemerintahan: Presidensil
  • Parlemen: Unikameral (Althing)
  •  

PENDUDUK ISLANDIA

Negara Republik Islandia adalah sebuah negara berbentuk pulau yang terletak di Eropa Utara. Pulau Islandia ini mengapung di Samudra Atlantik dan berada diapit oleh daratan Eropa dan Greenland. Luasnya hampir mirip dengan negara bagian Kentucky atau daerah bekas Jerman Timur. Pulau ini hanya dihuni oleh 300.000 penduduk dengan Kepadatan penduduk : 3 jiwa/km2.
Penduduk Islandia sebagian besar adalah orang Skandinavia. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Islandia yang hampir tidak berubah ejaan maupun tata bahasanya selama 1.000 tahun. Orang Islandia bahkan dapat membaca saga kuno yang menceritakan tentang petualangan para Viking tanpa kesulitan yang berarti. Hampir semua orang Islandia menganut agama Kristen aliran Lutheran

KOTA-KOTA PENTING
Reykjavik adalah ibukota Islandia dan memegang peranan penting sebagai kota pelabuhan. Kota-kota penting lainnya antara lain Akureyri, Kópavogur, Hafnarfjörður, Keflavík, dan Vestmannaeyjar.

TEKNOLOGI
Kebutuhan akan informasi semakin hari semakin bertambah. Media TV, koran, radio seakan belum cukup untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Internet adalah sarana yang paling banyak menyediakan informasi, berita, ilmu pengetahuan, hiburan dan lain sebagainya. Internet seakan sudah menjadi kebutuhan di masa sekarang ini. Pengguna internet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan semakin banyaknya pengguna internet bisa berdampak pada kecepatan akses internet. Di Indonesia sendiri hanya mempunyai 1.52 Mb/s dan menempati urutan ke 145 di dunia, akses internet di Indonesia adalah barang yang langka dan mahal.

Islandia, 18.62 Mb/s
Islandia adalah negara yang kecil namun kaya, luas wilayah 103.000 km2 dengan populasi penduduk sekitar 317.900 jiwa. Masyarakat Islandia berkembang dengan teknologi yang maju. Pers di Islandia paling bebas di dunia. Kemajuan teknologi Islandia salah satunya adalah tersedianya akses internet yang cepat yaitu 18.62 Mb/s. Salah satu kota di Islandia memiliki jaringan serat optik untuk setiap warga negaranya yang mengakses internet yang pertama di dunia. Wow. Provider internet ternama di Islandia adalah Vodafone, BTNet, Hive, Siminn.

PENDIDIKAN

Banyak orang berpikir jika Islandia adalah daerah terpencil tanpa banyak kehidupan dan budaya, tapi itu adalah sesuatu tetapi kebenaran. Jika Anda berencana untuk belajar di luar negeri di negara ini, Anda akan menemukan bahwa ini negara kepulauan Nordic adalah salah satu yang paling unik. Penduduk negara 's kecil, dengan hanya 320.000 orang menyebut 40.000 mil persegi dari rumah pulau. Reykjavik adalah ibu kota dan juga kota terbesar di negara ini. Hal ini juga rumah bagi sekitar 2/3 penduduk pulau 's. Dari kegiatan vulkanik ke hotspot geologi intens, Islandia adalah negara yang indah dengan banyak untuk menawarkan siswa belajar di luar negeri.
Belajar di Islandia dapat menjadi tantangan bagi beberapa. Negara ini terpukul selama krisis keuangan 2008 dan, sementara kondisi ekonomi telah membaik, itu belum dalam posisi yang sama seperti dulu.

KERJASAMA LUAR NEGERI ANTARA ISLANDIA DAN INDONESIA

Indonesia dan Islandia sepakat memperluas kerjasama di bidang geothermal (panas bumi) dan perikanan.  Komitmen ini merupakan hasil pembicaraan bilateral antara Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Islandia Ólafur Ragnar Grίmsson di Nusa Dua, Bali.
Dalam pertemuan tersebut, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono didamping oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Mensesneg, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Menristek, Ketua BKPM, Dirjen Amerika dan Eropa, serta wakil dari PLN dan Pertamina.
Sementara itu, Presiden Islandia selaku Ketua Delegasi didampingi Mr. Örnólfur Thorsson, Sekretaris Jenderal Kepresidenan, dan Mr. Benedikt Hoskuldsson, Head of Energy Affairs, Kementerian Luar Negeri Islandia.  Kunjungan Presiden Islandia ini merupakan kunjungan yang pertama kali ke Indonesia.
 Kerjasama di bidang energi panas bumi selama ini terwujud dalam bentuk capacity building bagi tenaga ahli geothermal Indonesia untuk menempuh pendidikan dan pelatihan bidang geothermal yang diadakan di United Nations University Geothermal Program (UNU GTP), di  Reykjavik, sejak tahun 1979. Kerjasama ini mendapatkan momentum baru dengan ditandatanganinya MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Islandia mengenai Kerjasama Energi dan Sumber Mineral ditandatangani oleh Menteri ESDM RI dan Menteri Energi dan Industri Islandia di Jakarta, tanggal 13 Oktober 2007.
 Sebagai tindaklanjut MoU tersebut, maka pengembangan sumber daya manusia tidak saja difokuskan pada  short course namun dikembangkan sampai ke tingkat master degree.

Dalam pertemuan bilateral,  kedua Presiden sepakat mengenai pentingnya  peningkatan kerjasama geothermal, tidak saja di bidang sumber daya manusia, namun mencakup kerjasama lain termasuk investasi di bidang pengembangan geothermal.
 Sementara itu, kedua Presiden juga sepakat bahwa  Letter of Intent di bidang perikanan yang ditandatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI dan Menteri Perikanan dan Pertanian Islandia di Reykjavik, tahun 2008 juga segera dapat dilaksanakan. Dalam waktu dekat, kerjasama dalam rangka capacity building antara Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan  United Nations University - Fisheries Training Programme (UNU-FTP) Islandia, akan segera dimulai

 BUDAYA
·         Biaya Hidup
Biaya hidup di Islandia mirip dengan budaya paling barat. Ini adalah tempat yang terjangkau untuk tinggal, jika Anda hidup sederhana. Karena bukan negara besar, meskipun, apapun yang diimpor adalah biaya tinggi. Ibukota adalah tempat yang paling mahal untuk hidup, di mana Anda dapat mengandalkan harga yang lebih tinggi. Bahkan, dibandingkan dengan negara-negara Eropa, tinggal di Reykjavik yang paling seperti tinggal di Swiss. Siswa tidak akan membutuhkan sejumlah besar uang, meskipun beberapa sekolah merekomendasikan setidaknya $ 1000 USD per bulan bagi siswa untuk memiliki diakses untuk akomodasi.
·         Menningarnótt atau "malam budaya"
acara tahunan yang diselenggarakan di Reykjavik, ibu kota Islandia. Biasanya, Menningarnótt diselenggarakan pada hari Sabtu pertama setelah tanggal 18 Agustus dan itusudah diselenggarakan sejak tahun 1996.Sebanyak 100.000 orang menghadiri konser tahunan dan perayaan yang dilakukan di pusat kota Reykjavik.


Menningarnótt menawarkan berbagai jenis hiburan dan kegiatan, seperti pameran seni, konser, kembang api dan pertunjukan tari Islandia. Selain itu, setiap tahun pada hari itu, Lomba Maraton Islandia terbesar diselenggarakan oleh Íslandsbanki, yaitu salah satu bank di Islandia. Maraton ini dijadwalkan awal di festival dan semua usia dapat mengikuti maraton ini.
Pada malam ini, jumlahpertunjukan dan seni ditampilkanseperti tidak ada akhir. Ada beberapa pertunjukan dijadwalkan dan berberapa yang spontan dalam festival ini adalah penuh dengan musik yang bersemangat dan Anda dapat melihat banyak orang memakai kostum yang sangat menarik. Hampir semua kesenian mencakup hampir setiap sudut dan celah kota, serta galeri dan pameran. Semua seni dapat dilihat oleh umum dan ada beberapa hal kesenian indah dan menarik yang dapat anda Dibeli.

Makanan Khas Yang Disajikan Pada Malam budaya adalah burung Puffin atau kepala domba, hotdog Islandia yang sangat populer (warunghotdog ada di mana-mana di Reykjavík).
Pada malam harinya, pesta kembang api yang spektakuler dan upacara penutupan akan menampilkan konser ditampilkan di pantai Reykjavik.
Pada hari penutupan Lebih dari 100.000 orang dari 315.000 penduduk Islandia berkumpul di pusat Reykjavík untuk bergabung di festival ini. Dari semua festival yang diselenggarakan di Islandia, saya paling suka Menningarnótt. Setiap tahunnya acarara ini menjadi lebih menarik dan lebih ramai

TEMPAT WISATA YANG POPOLER
a. Wisata salju di  kota Þingvellir
Hampir semua negara yang berada di luar garis 40 derajat lintang selatan dan 40 derajat lintang utara selalu mengalami hujan salju pada periode tertentu. Salju yang turun kadang bisa menambah keindahan, tapi juga bisa memperburuk keindahan. Banyak sekali negara yang justru mempunyai pemandangan yang indah dikarenakan salju yang turun.

Islandia Islandia adalah negara yang sebagian tertutup oleh Salju Es, oleh karna itu negara ini dinamai iceland atau islandia (tanah Es). Negara yang berdekatan dengan Greenland ini terletak di bagian utara samudera atlantik. Þingvellir (dibaca semacam "thingvellir") adalah salah satu kota terpenting di Iceland.Kota ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Iceland. Selain karena dianya memegang peranan penting dalam sejarah berdirinya Iceland, di kota ini juga terdapat danau terbesar di Iceland dan juga beberapa daya tarik wisata alam lainnya.

b               .   Wisata air terjun


Islandia (Iceland) adalah tempat luar biasa yang cocok untuk air terjun. Negara di Pulau ini memiliki iklim Atlantik utara yang memproduksi hujan dan salju yang sering.
Lokasinya yang dekat Kutub Utara menghasilkan gletser besar, jika musim panas tiba, gletser mencair membuat banyak sungai. Hasilnya, menjadikan tempat itu adalah rumah bagi sejumlah air terjun besar, kuat dan indah
Berikut ini beberapa Air Terjun Besar dan Kuat sekaligus Indah di Islandia.

Dettifoss
Dettifoss adalah sebuah air terjun di Taman Nasional Vatnajökull di Timur Laut Islandia, dan terkenal sebagai air terjun yang paling kuat di Eropa.
Air Terjun ini terletak di sungai Jökulsá á Fjöllum, yang mengalir dari gletser Vatnajökull dan mengumpulkan air dari area yang luas di Timur Laut Islandia. Air terjun memiliki lebar 100 meter (330 kaki) dan tetesan air setinggi 45 meter (150 kaki) ke ngarai Jökulsárgljúfur.
Ini adalah air terjun terbesar di Eropa dalam hal debit volume, memiliki aliran air rata-rata dari 193 m kubik per detik. Dettifoss terletak di Diamond Circle, sebuah rute wisata populer di Húsavík dan Danau Mývatn di Islandia Utara.

Gullfoss
Gullfoss (English: Golden Falls) adalah sebuah air terjun yang terletak di ngarai dari Sungai Hvítá di barat daya Islandia.
Gullfoss adalah salah satu tempat wisata paling populer di negeri ini. Air mengalir turun menjadi melengkung dengan beberapa langkah seperti "tangga" dan kemudian mengalir kembali dalam dua tahap ke dalam celah yang mendalam.
 Jumlah rata-rata air yang mengalir di atas air terjun ini adalah 140 m kubik per detik di musim panas dan 80 m kubik per detik di musim dingin. Banjir tertinggi yang diukur adalah 2000 m kubik per detik. Sebagai salah satu pendekatan pertama jatuh, celah dikaburkan dari pandangan, sehingga muncul bahwa sungai besar hanya menghilang ke dalam bumi.

Háifoss
Air terjun Háifoss ini terletak di dekat gunung berapi Hekla di selatan Islandia. Sungai Fossa, anak sungai dari Þjórsá, turun di sini dari ketinggian sekitar 122 m. Ini adalah air terjun tertinggi kedua di pulau ini. Di atas air terjun, ada juga tempat parkir, sehingga hiking juga bisa dilakukan ke arah lain.

Svartifoss
Svartifoss (Black Fall) adalah sebuah air terjun di Skaftafell National Park di Islandia, dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di taman nasional. Air terjun ini dikelilingi oleh formasi kolom basalt lava gelap, yang memunculkan namanya. Dasar air terjun ini dicatat untuk batuan yang tajam.

Skógarfoss
Skógafoss adalah sebuah air terjun yang terletak di Sungai Skógá di selatan Islandia di tebing garis pantai.
Skógafoss adalah salah satu air terjun terbesar di negara ini dengan lebar 25 meter (82 kaki) dan tinggi sekitar 60 m (200 kaki). Karena jumlah aliran air terjun konsisten, kemudian menghasilkan pelangi tunggal atau ganda biasanya terlihat pada hari-hari cerah. Menurut legenda, pemukim Viking pertama di daerah tersebut, mengubur harta karun di sebuah gua di balik air terjun.

Seljalandsfoss
Seljalandsfoss adalah salah satu air terjun paling terkenal dari Islandia. Air terjun ini sangat indah, sehingga banyak fotonya dapat ditemukan dalam banyak buku dan kalender
Seljalandsfoss terletak di antara Selfoss dan Skógafoss di persimpangan jalan dari rute 1 (Ring Road) dengan trek menuju ke Thorsmork. Ini air terjun dari sungai Seljalandsá dengan tinggi 60 meter (200 kaki) di atas tebing garis pantai

No comments:

Post a Comment

loading...