Sunday, August 19, 2018

Persamaan dan Perbedaan Negara Ethiopia dan Chad


oleh heni pratiwi dan eka widia astuti


PERBEDAAN DAN PERSAMAAN NEGARA ETHIOPIA DAN CHAD

A. Fisik (topografi, kedaan alam iklim dan sumberdaya)
1.      Negara ethiopia dan chad sama-sama negara yang tidak memiliki lautan tetapi Negara mereka berbatasan langsung dengan daratan negara lain.
2.      Chad adalah negara pedalaman di Afrika tengah luas wilayahnya 1.284.000km2. Sedangkan luas negara ethiopia adalah seluas 1,14 juta km2
3.      Ethiopia hampir seluruh wilayahnya berupa dataran tinggi (plato) dengan ketinggan mencapai 1800 – 4000m. dari dataran tinggi ini terdapat sungai nil biru, sungai atbara, sungai sobat, sungai shabelle, serta sungai juba.
4.      Sedangkan di negara chad bagian timur, pegunungan mencapai ketinggian lebih dari 900m di dataran tinggi Ennedi dan Ouaddaï. Ketinggian tertinggi dicapai di Pegunungan Tibesti di utara, dengan ketinggian maksimum 3.415 m di Emi Koussi. Separuh utara negeri ini terletak di Sahara. Satu-satunya sungai yang penting, Sungai Logone dan Chari (Shari), terletak di barat daya dan mengalir ke Danau Chad. Danau itu berukuran 2 kali lipat selama musim hujan. Jadi negara ethiopia memiliki dataran tinggi yang lebih tinggi dari dataran tinggi di chad sehingga dataran tinggi di ethiopia sering disebut dengan “atap afrika”.
5.      Iklim kedua negara ini sama-sama dipengaruhi oleh iklim gurun yang panas, namun di pengaruhi pula oleh iklim pegunungan.
6.      Sumber daya alam di ethiopia berupa gas alam, bijih besi, emas, perak, mangan timah, tembaga, platinum. Namun, 50 %  sektor pertanian menjadi tulang punggung negara ethiopia. Sedangkan kopi adalah 85 % dari total ekspor pertanian negara ini.
7.      Sumber daya alam di ethiopia berupa gas alam, bijih besi, emas, perak, mangan timah, tembaga, platinum. Namun, 50 %  sektor pertanian menjadi tulang punggung negara ethiopia. Sedangkan kopi adalah 85 % dari total ekspor pertanian negara ini. Sedangkan negara chad memiliki minyak bumi.


B. flora dan fauna
1.      Negara chad dan ethiopia sama-sama memiliki tumbuhan kurma di dataran rendah.
2.      Karena negara ethiopia di dominasi oleh dataran tinggi, negara ini juga memiliki hutan. Pada ketinggian tertentu di dataran tinggi ethiopia terdapat pohon buah-buahan seperti  anggur (jarang), blackberry, raspberry, kapas, dan kadang-kadang tebu . di hutan besar selatan terdapat pohon kayu berharga, dan tanaman kopi (wilayah kaffa).
3.      fauna di kedua negara ini hampir tidak memiliki perbedaan, serta kedua negara ini  tidak memiliki hewan endemik yang mencirikan perbedaan negara mereka dengan negara lain.. Kedua negara ini sama-sama memiliki  hewan  khas afrika yaitu  unta, kida nil di sepanjang sungai nil yang mengalir dinegarannya, gajah, singa, buaya disepanjang sungai besar, macan tutul serta mamalia, aves, unggas, dan hewan lain hampir sama-sama mereka miliki.
4.       Spesies ular lebih sedikit di ethiopia. Tetapi, Hewan hyena, burung pemakan bangkai, tupai, kelinci lebih banyak. Ethiopia juga banyak memiliki lebah penghasil madu yang menjadi bagian penting penduduk ethiopia sebagai bahan makanan.
5.       Dari sekian banyak fauna yang di miliki kedua negara ini, fauna di negara chad banyak yang terancam punah jika di bandingkan di negara ethiopia. Hal ini dikarenakan penggundulan hutan, dan  perburuan sehingga sebagian besar populasi singa, macan tutul, badak, kuda nil telah menghilang dari wilayah tersebut.
C. Keadaan penduduk dan kebudayaan:
1.      Jumlah penduduk di negara chad pada tahun 2007 adalah 10.238.807 jiwa dan laju pertumbuhan penduduk saat ini adalah sekitar 2,92%. Sedangkan dinegara ethiopia pada tahun yang sama adalah  83 juta jiwa. Sedangkan tingkat pertumbuhan penduduk sekitar 2,3 %
2.      Kedua negara ini termasuk negara miskin yang tidak mampu memenuhi kebutuhan penduduknya. Hal ini terjadi di negara chad dikarenakan negara yang terkurung dari negara lain hingga perekonomian lumpuh, sdangkan ladang minyak di kuasai asing. Sedangkan di negara ethiopia terjadi perang saudara yang merebutkan kekuasan, pengetahuan penduduk yang masih terbelakang hal ini dapat dibuktikan dari 2/3 lahan subur baru dimanfaatkan sekitar 3% negara ethiopia juga bergantung pada kegiatan ekspor kopi yang mendominasi sekitar 85%.
3.      Dari segi kebudayaan negara chad menggemari minuman sejenis  jus(populer di chad) sedangkan di ethiopia masyarakatnya menggemari kopi. Dari segi makanan masyarakat chad menggemari ikan sedangkan di ethiopia menggemari daging.
4.      Masyarakat miskin atau terbelakang  di negara chad 90% (perorang) menutup tubuhnya dengan pakaian, sedangkan wanitanya banyak yang menggunakan penutup kepala (jilbab). Sedangkan di ethiopia  diperkirakan baru  40% pada wanita hanya berupa kain alakadarnya  menutupi bagian tubuh yang vital.
5.      Agama mayoritas / terbesar di negara chad adalah islam, kemudian disusul kristen, sedangkan di ethiopia agama mayoritasnya adalah kristen orthodok(50%) dan selanjutnya islam (45%)
6.      Di negara chad  kira-kira terdapat 200  kelompok ethnis sedangkan di negara ethiopia kira-kira hanya memiliki 70 kelompok ethnis.
7.      Bahasa mayoritas di negara chad adalah bahasa arab, dan bahasa prancis, serta bahasa ethis setempat. sedangkan bahasa mayoritas di negara ethiopia bahasa mayoritasnya adalah bahasa inggris lalu di ikuti  bahasa amharic. Dalam dunia pendidikan pemerintah ethiopia membebaskan  menggunakan bahasa daerah setempat sebagai penghantar pendidikan.


No comments:

Post a Comment

loading...