Monday, August 20, 2018

Profil Lengkap Negara Tunisia





Republik Tunisia (bahasa Arab: الجمهرية التونسية) adalah sebuah negara Arab Muslim di Afrika Utara, tepatnya di pesisir Laut Tengah. Tunisia berbatasan dengan Aljazair di sebelah barat, dan Libya di selatan dan timur. Di antara negara-negara yang terletak di rangkaian Pegunungan Atlas, wilayah Tunisia termasuk yang paling timur dan terkecil. 40% wilayah Tunisia berupa padang pasir Sahara, sisanya tanah subur.

Geografi dan Kondisi Alam
Luasnya 162,155 ribu kilometer persegi. Terletak di ujung Afrika Utara, bagian baratnya bertetangga dengan Aljazair, tenggaranya menyambung dengan Liberia, sedangkan bagian utara dan timurnya di pinggir Luat Tengah, berhadapan Italia dengan Selat Tunisia. Topografi rumit. Bagian utara tergolong iklim tipe Laut Tengah tropis, dan bagian tengah tergolong iklim padang rumput tropis, sedangkan selatannya tergolong padang pasir daratan tropis. Agustus merupakan bulan yang suhunya paling panas, suhu rata-rata 21 sampai 33 derajat Celsius. Januari adalah bulan yang suhunya paling dingin, suhunya rata-rata 6 sampai 14 derajat Celsius. Tunisia kaya dengan kebun zaitun. Minyak zaitun dari Tunisia sangat terkenal dengan kualitasnya. Tunisia bisa dikatakan sebagai negara muslim yang sangat penting dalam sejarah. Bagian utara beriklim tipe Laut Tengah tropis &     bagian tengah tergolong iklim padang rumput tropis, sedangkan selatannya tergolong padang pasir daratan tropis







Keunikan Tumbuh-tumbuhan di Tunisia
Tunisia terletak di Afrika Utara, antara Laut Mediterranean dan Gurun Sahara. Ia disempadani oleh Algeria di barat dan Libya di tenggara. Kebanyakan kawasannya merupakan kawasan separa gersang dan padang pasir. Bahagian utaranya bergunung-ganang, dengan iklim sederhana yang terdiri daripada musim sejuk sederhana yang berhujan dan musim panas yang kering. Sebahagian besar bahagian selatan negara ini terdiri daripada Gurun Sahara. Di Tunisia banyak terdapat tumbuhan kaktus karena kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.






Fauna di Tunisia

Karena iklim di Tunisia seperti gurun maka banyak unta yang hidup di sana. Tunisia memiliki banyak populasi unta yang biasanya digunakan untuk mengangkat barang-barang bawaan mereka. 

Kebudayaan di Tunisia


Festival
Beragam festival yang ada di Tunisia, salah satunya adalah Festival Saharian. Festival ini termasuk balap unta, menari dan acara warna-warni lainnya dari padang pasir. Hal ini terjadi di bulan November di Douz, gateway padang pasir. Kemudian ada Dougga Festival. Festival Dougga adalah festival yang sangat khusus yang terjadi di Dougga kota. Selama festival ini beberapa drama klasik yang sangat baik dilakukan. Selain itu di Tunisia terdapat Jazz Festival, International Festival. 

Kuliner Khas
Salah satu makanan khas dari Tunisia yaitu Chakchouka adalah sebuah daging cincang yg banyak bumbunya vegetarian mirip dengan ratatouille dengan buncis, tomat, paprika, bawang putih dan bawang, disajikan dengan telur rebus. Lalu ada Guenaoia adalah  Domba atau daging sapi rebus dengan cabe, okra, dan rempah-rempah. Kemudian ada Yo-yo adalah donat dibuat dengan jus jeruk, kemudian digoreng dicelupkan dalam sirup madu. Selain itu di Tunisia masih banyak kuliner Khas lainnya seperti Mhalbiya, Mloukhia,  Samsa, Zitounia, Harissa.



Tari-tarian

Tunisia memiliki satu tarian yang disebut Stambali, tarian trans benar, yang dilakukan di tempat-tempat suci dan di rumah orang sebagai obat terapeutik. Tarian ini menyertai pengorbanan binatang dan dilakukan dalam hal Sidi Saad, santo pelindung mereka. Tarian tradisional Tunisia ditandai dengan tajam, gerakan memutar horizontal mengalir pinggul dengan tubuh bagian atas, menari hampir sepenuhnya pada demi-titik (pada jari kaki) dengan tangan yang diselenggarakan dalam bentuk "w". Tarian ini terlihat di acara pernikahan dan pesta, dan di pulau-pulau selatan Kerkennah dan Djerba, tari ini sering dilakukan dengan pot tanah liat air seimbang di kepala. 

Pakaian Adat
Pakaian di Tunisia bervariasi dengan daerah, meskipun banyak dipengaruhi oleh Barat-gaya pakaian. Namun, gaun tradisional masih dipakai di desa-desa dan terutama di kalangan orang tua. Gaun Tunisia tradisional untuk perempuan adalah "Sifsari" yang merupakan pakaian luar dengan lipatan-lipatan longgar dan penutup kepala dikenakan di atas pakaian barat. Di daerah pedesaan, perempuan memakai "Mellia" yang jatuh di kepala dan bahu. Pria Tunisia mengenakan Chehia, jenis kepala-gaun yang terbuat dari merah atau coklat merasa yang baik bulat atau datar di atas. Pakaian lainnya yang dikenakan oleh laki-laki Tunisia adalah celana baggy dan jalabiyya yang merupakan pakaian seperti gaun panjang.

Bangunan Bersejarah
Banyak bangunan-bangunan bersejarah yang adadi Negara Tunisia, diantaranya Zitouna Masjid juga dikenal Masjid Al-Zaytuna, Masjid Ezzitouna atau sebagai Ez-Zitouna. Zitouna Masjid adalah sebuah masjid besar yang tanggal kembali ke 860 dan terletak di Tunis, Tunisia. Lalu ada St Vincent de Paul Gereja adalah katedral Katolik Roma yang terletak di Tunis. Dinamakan untuk menghormati Santo Vincent de Paul, bangunan bersejarah ini juga merupakan markas dari Keuskupan Agung Tunis. Kemudian ada Bab El Bhar atau Bab Bhar adalah salah satu gerbang Medina Tunis, di sebelah timur dinding kuno. Yang menandai pemisahan antara kota Eropa dan Madinah, situs bersejarah adalah lengkungan rendah dan dimahkotai oleh benteng tembok pembatas. Situs bersejarah mengambil namanya dari Porte de Perancis, selama Protektorat tersebut, saat ini disebut oleh penduduk setempat.





SOAL DAN JAWABAN PILIHAN GANDA

NEGARA TUNISIA
1.      Di sebelah barat Negara Tunisia berbatasan dengan Negara
a.       Ajazair                                     d.  Scheycells
b.      Mesir                                       c.  Kamerun
Jawab:  a.  Aljazair

2.      Salah satu makanan khas di Negara Tunisia adalah
a.       Roti                                         c.  Gandum
b.      Nasi                                         d.  Chakchouka
Jawab: d.  Chakchouka

3.      Gaun Tunisia tradisional untuk perempuan adalah
a.       baggy                                      c. Sifsari
b.      jalabiyya                                  d. Mellia
Jawab: c.  Sifsari

4.      Luasnya  Negara Tunisia adalah.
a.       342.876 km2                           c. 123,786 km2
b.      162,155 km2                           d. 325,670 km2
Jawab: b. 162,155 km2  
 
5.      Pada bulan Agustus merupakan bulan yang suhunya paling panas, suhu rata-rata  di Negara Tunisia mencapai
a.       21- 33 derajat Celsius             c. 2o - 23 derajat celcius
b.      34 -36 derajat celcius              d. 24 - 30 derajat celcius
Jawab: a. 21- 33 derajat Celsius




SOAL DAN JAWABAN ESSAY
NEGARA TUNISIA

1.      Mengapan di Negara Tunisia terdapat banyak unta
Jawab:
 Karena iklim di Tunisia seperti gurun maka banyak unta yang hidup di sana. Tunisia memiliki banyak populasi unta yang biasanya digunakan untuk mengangkat barang-barang bawaan mereka. 

2.      Di Negara Tunisia memiliki berbagai festival, salah satunya adalah festival seharian. Jelaskan apa yang dimaksud dengan festival tersebut
Jawab:  Festival Saharian adalah Festival yang di dalamnya terdapat berbagai acara, termasuk balap unta, menari dan acara warna-warni lainnya dari padang pasir. Hal ini terjadi di bulan November di Douz, gateway padang pasir



Daftar Pustaka

No comments:

Post a Comment

loading...