Sunday, August 19, 2018

Profil Lengkap Negara Honduras





Nama Asli                   : Republica de Honduras
Internasional               : Republic of Honduras
Bentuk Negara            : Republik
Ibu Kota                      : Tegucigalpa
Kepala Pemerintahan  : Presiden
Pemerintahan Lokal    : 18 Departemen
Luas Wilayah              : 112.090 km2
Penduduk                    : 6.249.598 jiwa
Bahasa                         : Spanyol, Inggris
Suku Bangsa               : Kaukasia, Meksiko, Negro, India
Agama                         : Khatolok, Protestan
Lagu Kebangsaan       : Tu bandera es un lampo de cielo
Tanggal bersejarah      : 26 oktober 1821
Kemerdekaan              : dari spanyol
Hasil tani                     : pisang, kopi, katun, gula, tembakau
Sumber Alam              : Emas, perak, tembaga, seng, timah, besi, batubara

SEJARAH HONDURAS

Selama milenium pertama, Honduras dihuni oleh penduduk Maya. Columbus menemukan negara ini pada tahun 1502. Honduras, dengan empat negara Amerika Tengah lainnya. Kolumbus mendarat di daerah itu pada tahun 1502 dan menyebutnya "Honduras" (artinya "jurang yang dalam" dalam bahasa Spanyol).  Honduras pada zaman duhulu adalah tempat permukiman suku Indian Maya, Pada abad 16, Honduras menjadi daerah jajahan Spanyol, pada tanggal 15 September tahun 1821memproklamasikan kemerdekaan dan bergabung dengan Konfiderasi Amerika Tengah pada bulan Juni tahun 1823. Honduras dikenal sebagai “Republik Pisang”, karena Negara ini merupakan produsen pisang terbesar di seluruh dunia. Sebagian besar penduduk Honduras adalah suku Maya. Dan dulu Honduras lebih dikenal dengan nama Spanish Honduras, untuk membedakan dengan Belize, Negara jajahan Inggris yang dulunya menjadi salah satu bagian Honduras yang disebut British Honduras.

Honduras memiliki motto Negara yaitu Libre, Soberana e Independiente yang dalam bahasa Spanyol berarti “Bebas, Berdaulat dan Independen.” Nama Honduras sendiri dipercayai memiliki 3 asal nama, yakni Higueras, yaitu diambil dari buah labu yang jatuh dari pohon di pantai utara Honduras. Asal nama kedua adalah Honduras, yang berarti “pedalaman” dalam bahasa Spanyol. Colombus memakai nama ini saat pertama kali dia berhasil keluar dari hutan Honduras. Asal nama ketiga, Honduras dari fondura, sebuah kata bahasa Leonese berarti “pelabuhan” yang merupakan salah satu dari kata-kata pertama bagi daerah untuk muncul pada peta dalam dekade kedua abad ke-16 diterapkan pada teluk Trujillo. Tidak sampai akhir abad ke-16 yang Honduras digunakan untuk seluruh propinsi. Sebelum 1580, Honduras disebut bagian timur provinsi, dan Higueras mengacu pada bagian barat.

Bendera Honduras terdiri dari 3 garis horizontal yang sama, dengan bagian yang atas dan bawah yang berwarna biru yang mewakili Samudra Pasifik dan Laut Karibia. Bagian tengah bendera ini berwarna putih. Bagian ini berisi lima bintang biru mewakili lima negara dari Persatuan Amerika Tengah. Bintang tengah mewakili Honduras sendiri, yang terletak di tengah-tengah bagian Amerika Tengah.

Lambang Negara Honduras ini didirikan pada tahun 1825. Ini adalah segitiga sama sisi, di pangkalan adalah gunung berapi antara tiga istana, di mana merupakan pelangi dan matahari bersinar. segitiga tersebut ditempatkan pada area yang melambangkan dimandikan oleh kedua laut. Sekitar semua ini, dalam bentuk oval mengandung dalam huruf emas yang merupakan motto Negara Honduras: "Republik Honduras, Bebas, Berdaulat dan Independen".

Lagu Kebangsaan Nasional Honduras adalah hasil dari sebuah kontes yang dilakukan pada tahun 1904 selama kepresidenan Manuel Bonilla. Pada akhirnya, kontes tersebut dimenangkan oleh penyair Augusto C. Coello yang akhirnya menulis lagu kebangsaan, dengan bantuan dari komponis Jerman Carlos Hartling yang menulis musik. Lagu ini secara resmi menjadi lagu kebangsaan Negara Honduras pada tanggal 15 November 1915, pada saat Alberto Membreño menjadi presiden.

Bunga nasional Negara ini adalah, anggrek terkenal Rhyncholaelia digbyana (sebelumnya dikenal sebagai Brassavola digbyana), yang menggantikan naik pada tahun 1969. Perubahan Bunga Nasional dilakukan selama pemerintahan umum Oswaldo López Arellano, yang berpikir bahwa Brassavola digbyana "merupakan tanaman asli Honduras; memiliki karakteristik yang luar biasa ini bunga keindahan, kekuatan dan perbedaan".

Pohon Nasional Honduras adalah pinus Honduras (Pinus caribaea var hondurensis.). Penggunaan pohon itu diatur, "untuk menghindari penghancuran yang tidak perlu disebabkan oleh pemotongan atau kebakaran hutan." Sedangkan Mamalia Nasional adalah Rusa berekor putih (Odocoileus virginianus), yang diadopsi sebagai ukuran untuk menghindari penyusutan berlebihan. Ini adalah salah satu dari dua spesies rusa yang hidup di Honduras. Burung Nasional Honduras adalah Scarlet Macaw (Ara macao). Burung ini jauh lebih dihargai oleh peradaban pra-Columbus Honduras.

LUAS DAN LETAK NEGARA HONDURAS


Luas wilayahnya 112.150 Km2. Luas wilayah Honduras sedikit lebih besar dari provinsi kalimantan. Terletak di ekor daerah Amerika Tengah. Teletak di bagian timur Amerika Tengah. berbatasan dengan Guatemala di bagian barat, El Salvador di bagian barat daya, Nikaragua di bagian tenggara, Samudra Pasifik di bagian selatan dan Teluk Honduras di bagian utara. Ibukota Honduras, Tegucigalpa, terletak di tengah-tengah Negara ini.

RELIEF

Topografinya umumnya daerah pegunungan dengan lembah yang subur dan dataran rendah di sepanjang pantai Caribata.

Lebih dari 80 % dari wilayah Honduras adalah pegunungan dengan rata-rata 1.000 meter di atas permukaan laut . The Cordillera Central membagi wilayah antara Cordilleras Timur , Barat dan Tengah. Lembah yang paling penting terletak di bagian utara dan selatan negara itu. Ada juga beberapa lembah di wilayah tengah , sebagai Comayagua dan Catacamas.

IKLIM

Honduras terletak di posisi tropis 15 sampai 16 derajat utara dari Ekuador , hanya memiliki dua stasiun , yang didefinisikan dengan baik : musim kemarau dan musim hujan . Musim hujan dimulai pada bulan Mei meningkat sampai Juli dengan istirahat selama bulan Agustus. Setelah itu , biasanya dilanjutkan pada bulan September untuk bulan November ketika musim kemarau dimulai . Musim ini berjalan sampai April atau Mei .
• Suhu tinggi rata-rata di seluruh negeri adalah 32 ° C ( 90 ° F ) , dan suhu rendah adalah 20 ° C ( 68 ° F ) .
• suhu tahunan rata-rata dalam Honduras adalah 21 ° C ( 70 ° F ) .
• Curah hujan tahunan rata-rata adalah 1.000 mm ( 40 inci ) di pegunungan dan di lembah-lembah pantai utara adalah 2.500 mm ( 100 inci )
• Daerah-daerah yang lebih rendah dari wilayah pesisir memiliki rata-rata tahunan 27 ° C ( 80 ° F ) dengan kelembaban tinggi .
Di zona pesisir Atlantik menyajikan biasanya iklim tropis hujan dengan suhu rata-rata 27 ° C , berarti maksimum 30 ° CY minimum rata-rata 20,7 ° C. Musim hujan dimulai pada bulan Juni dan biasanya berlangsung hingga Desember . Curah hujan tahunan rata-rata adalah 2.643 mm . Wilayah utara meliputi departemen Cortes dan Yoro menerima curah hujan rata-rata tahunan 1200 mm selama hampir 5 bulan . Kelembaban rata-rata 75 % . Suhu rata-rata tahunan rata-rata di daerah ini adalah 26 ° C dengan maksimum 30 ° C dan minimum 21 ° C.
Bagian selatan dari Honduras memiliki iklim savana tropis . Di daerah ini , biasanya memiliki iklim kering selama enam bulan atau lebih . Selama musim hujan , selatan menumpuk rata-rata 1.680 mm . Suhu rata-rata adalah 29,1 ° C Max 35 ° C Min 23.4 ° C. Daerah pusat sesuai dengan departemen Francisco Morazán , Comayagua dan La Paz , memiliki suhu rata-rata 22,4 Media ° C , maksimum 27,2 ° C dan 17,4 ° C. Minimum Curah hujan rata-rata sekitar 1000 mm . Selama lebih dari tiga bulan .

GEOLOGI DAN GEOMORFOLOGI

Aktivitas geologi seperti  letusan gunung dan gempa bumi di kawasan ini relatif tinggi. 

PENDUDUK DAN PEREKONOMIAN HONDURAS

Honduras adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk 7.5 juta orang. Dengan area yang kira-kira seluas pulau Jawa, Honduras terletak di Amerika Tengah berseberangan dengan Guatemala, El Salvador, dan Honduras. Tidak jauh dari pantai Honduras di barat adalah Kuba.
Honduras adalah salah satu negara termiskin di Amerika Latin, dengan 53% rakyat Honduras hidup di bawah garis kemiskinan. 24% rakyat Honduras bahkan hidup di bahwa garis kemiskinan ekstrim. Kesenjangan ekonomi di Honduras juga sangat tinggi, dimana 20% kalangan bawah Honduras hanya mengkonsumsi 5% ekonomi, sedangkan 20% kalangan atas Honduras mengkonsumsi lebih dari 50% ekonomi.  Dari sisi pendidikan, setengah dari jumlah penduduk tidak menyelesaikan pendidikan dasar sementara 40 persen buta huruf.
Lebih dari 55 persen masyarakat Honduras tinggal di pedesaan atau daerah kumuh yang mengelilingi ibukota Tegucigalpa, dan San Pedro Sula,  kota terbesar kedua. Agama mayoritas penduduk adalah Katolik Roma, salah satu peninggalan pengaruh AS di sana.
Kegiatan perekonomian yang dilakukan negara Honduras antara lain :
1)     Pertanian ; kopi, pisang, tebu dan jagung
2)      Pertambangan ; emas, perak, tembaga, timah, seng, besi, logam putih, dan batu bara
3)      Industri ; tekstil, semen, pengolahan kayu dan rokok

Ekonomi Honduras berpusat pada pertanian dengan penghasilan utama pisang dan kopi. Pada permulaan 1990, 65% pendapatan ekspor didominasi oleh kopi dan pisang. Tetapi pada tahun 2002, ini menurun hingga 24% karena harga dunia yang anjlok. Ini benar-benar memukul ekonomi Honduras, terutama kesejahteraan rakyat pekerja dan petani.
Semua aspek kehidupan rakyat Honduras dipengaruhi oleh satu komoditi, yakni pisang. Semenjak tahun 1899, tahun pertama pengiriman produk pisang dari Honduras ke New Orleans, AS, perekonomian dan politik Honduras dikuasai oleh perusahaan buah-buahan Standard Fruit Company, Cuyamel Fruit Company, dan United Fruit Company. Ketiga perusahaan ini menguasai hampir semua tanah pertanian terbaik Honduras, dan mereka secara langsung juga menguasai arena politik Honduras guna menciptakan iklim yang stabil untuk bisnis pisang mereka. Kepentingan perusahaan-perusahaan ini di Honduras (dan juga negara-negara Amerika Tengah lainnya) sangatlah besar sehingga pemerintahan AS pun membantu melatih tentara Honduras untuk menjaga supremasi perusahaan multinasional tersebut. Dari sinilah rujukan Banana Republic diberikan pada negara-negara Amerika Tengah yang dikuasai oleh diktatur yang didukung oleh perusahaan pisang. Ungkapan Republik Pisang digunakan pertama kalinya oleh penulis O. Henry dari AS di bukunya pada tahun 1904 yang berdasarkan pengalaman dia ketika tinggal di Honduras
Intervensi ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan buah-buahan ini menghambat perkembangan ekonomi Honduras karena mereka hanya tertarik untuk mengembangkan perkebunan pisang. Semua lahan terbaik direbut dengan bantuan paramiliter dan para petani dipaksa untuk menanam pisang. Sektor-sektor ekonomi lainnya, terutama sektor industri menengah dan berat, tidak dikembangkan sama sekali. Para oligarki kapitalis pun tidak tertarik lagi untuk mengembangkan sektor industri Honduras lainnya karena mereka sudah puas bertindak sebagai penguasa lokal untuk perusahaan buah-buahan multinasional tersebut.
Hasil sumber alam utama lainnya berupa kayu, perikanan dan lain-lain. Hasil pertanian berupa beras, buah jeruk, gula, jagung, dan lain-lain. Hasil industri berupa kayu, makanan kaleng, meubel, sabun, dan lain-lain.

BUDAYA

Budaya adalah seperangkat ekspresi dari orang-orang dan ini terdiri dari : Bea Cukai , praktik, kode , standar dan aturan bagaimana menjadi , pakaian , agama , ritual , norma-norma perilaku dan sistem kepercayaan . Honduras adalah negara multi- etnis , karena itu adalah sebuah negara multikultural . Komposisi etnis dari Honduras adalah sebagai berikut : 1 % Putih, 2 % Hitam Garifuna , adat 6 % dan sisanya penduduk sebagian besar campuran . Ini konglomerat kelompok ras atau etnis inilah yang akhirnya berkontribusi terhadap kekayaan budaya Honduras .
Pelukis paling menonjol yang telah memiliki Honduras adalah Jose Antonio Velasquez . Pelukis ini diakui sebagai pelukis primitif pertama Amerika . Dipamerkan di AS dan Amerika Latin serta di sejumlah negara di Eropa dan Asia .

Dua penulis paling terkenal dari Honduras adalah Turcios dan Ramón Amaya Froylan Amador . Lainnya termasuk Marco Antonio Rosa , Roberto Sosa , Lucila Gamero de Medina, Eduardo Bahr , Amanda Castro , Javier Espinoza pada bulan April , dan Roberto Quezada . Di bidang tegakan agama ; Kardinal Oscar Andres Rodriguez Maradiaga . Setelah kematian Paus Yohanes Paulus II , Rodriguez menjadi ; salah satu kandidat Paus .
Beberapa musisi terkenal dari Honduras meliputi: Rafael Coello Ramos , Lidia Handal , Victoriano Lopez , Guillermo Anderson , Francisco Carranza , Victor Donaire , Guevara dan Camilo Rivera Moises Canelo . Dalam bidang informasi perlu diperhatikan karya : Neyda Satcha Pretto Sandoval dan Univision AS . Nah ; Renan Almendarez Coello , yang dikenal sebagai " Cucuy de la Mañana " .
Dalam bidang ilmu berdiri : Salvador Moncada . Investigasi utamanya telah berfokus pada efek farmakologi dari zat vasoaktif , yaitu produk dari metabolisme berbagai asam , dan sintesis dan degradasi tindakan biologis mediator oksida nitrat .
Tingkat olahraga ; Honduras telah unggul dalam disiplin sepak bola . Sepanjang sejarah , ada banyak pemain yang telah berhasil di luar negeri. Di antara yang paling menonjol adalah : José Cardona yang berpartisipasi dengan Atletico Madrid , Carlos Pavon yang mencatat di Meksiko dan akhir-akhir ini ; David Suazojugador Inter Milan , yang bernama paling berharga Italia Calcio pada tahun 2006 Pemain asing .

agama

Kebebasan beribadah di Honduras menjadi penduduk mayoritas Kristen dan Katolik sebagian besar dengan meningkatnya jumlah evangelis .
Honduras adalah negara di mana pertama misa Katolik dirayakan daratan Amerika . Ini terjadi 14 Agustus 1502 di Punta Caxinas , dua minggu setelah penemuan Honduras oleh Christopher Columbus . Sejak itu, Spanyol bertanggung jawab untuk menanamkan iman Katolik di antara penduduk asli Honduras .
Hari ini Gereja Katolik di Honduras terdiri dari delapan keuskupan , yaitu : Tegucigalpa , Comayagua , Choluteca , Olancho , Yoro , San Pedro Sula , Trujillo dan Copan yang merupakan bagian dari Konferensi Waligereja Honduras .
Selain itu ; berbagai gereja Protestan yang terstruktur untuk tiga konfederasi : Pendeta Asosiasi Honduras , Evangelical Fellowship of Honduras dan Honduras Apostolik Network.
Dalam beberapa tahun terakhir , baik Gereja Katolik , karena banyak inspirasi komunitas gerejawi Protestan , terutama lini Pentakosta yang mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah umat yang dilakukan . Mungkin karena perbaikan dalam jalan , yang memungkinkan mereka ; baik gereja Katolik dan Injil memiliki saluran televisi, stasiun radio , surat kabar , universitas dan situs web .
Terlepas dari agama-agama ini , ada kelompok skala yang lebih kecil di Honduras yang mengaku agama-agama lain , seperti Islam, Yahudi , dan anggota gerakan Rastafari antara lain .

POTENSI NEGARA HONDURAS

Honduras dikenal sebagai “Republik Pisang”, karena Negara ini merupakan produsen pisang terbesar di seluruh dunia.
Produk dan Destinasi Pariwisata
• Arkeologi : tujuan Copan , kota Maya yang paling banyak dipelajari dan dipahami terbaik ditemukan pada tahun 1570 oleh Diego García de Palacio dan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1980 Selain memiliki patung batu yang paling rumit , Copan .
secara intensif dipelajari selain menjadi situs arkeologi terbaik diawetkan Maya , yang telah membantu untuk mencapai pemahaman yang lebih baik dari Maya Kebudayaan . Setelah puluhan tahun penelitian arkeologi oleh lembaga-lembaga internasional yang diakui dan majalah yang disponsori seperti National Geographic , Copan adalah satu-satunya tempat di mana mereka telah menemukan dua Queens Maya . Copan terletak di dekat perbatasan dengan Guatemala . Copan dikenal sebagai Athena dari Dunia Baru dan sebagai penobatan artistik Maya .

• Sun and Beach and Diving di Roatan di Bay Islands . Roatan adalah pulau terbesar dan paling padat penduduknya . Ada Science Institute Kelautan mana Anda dapat berenang dengan lumba-lumba dan Belimbing Gardens yang memiliki koleksi indah anggrek Botanical Gardens . Tujuan ini memiliki pantai yang indah dengan terumbu karang yang sangat dekat pantai , cocok untuk snorkeling di perairan bawah . Cagar alam yang umum di pulau menyoroti satu khususnya: didedikasikan untuk konservasi empat spesies iguana . Di Timor Roatan adalah mungkin untuk melihat dermaga indah di mana nelayan setempat , terutama terlibat dalam penangkapan lobster , udang dan makanan laut yang tidak terpisahkan dan selalu disertai dengan awan burung camar dan burung laut lainnya.

Peristiwa ini terjadi di Departamento de Yoro, Honduras antara bulan Mei dan Juli 1998 lalu. Namun hingga kini, masyarakat setempat terus mengenang peristiwa langka itu dengan rutin menggelar perayaan yang dikenal dengan "Festival de la Lluvia de Peces" ( Festival Hujan Ikan). Dalam festival, seluruh warga berpesta pora dengan memasak berbagai macam menu dari ikan. 

Sejumlah saksi yang mengalami fenomena menakjubkan itu menuturkan, hujan ikan itu diawali dengan awan gelap di langit. Kemudian  diikuti oleh petir, guntur, angin kencang dan hujan lebat selama 2 sampai 3 jam. Setelah hujan berhenti, ratusan ikan hidup ditemukan di tanah. Orang-orang pun membawa pulang ikan-ikan itu untuk dimasak dan disantap.

Bukan hanya warga Honduras,  warga kota Lajamanu Australia juga pernah dibuat heran dan bingung dengan jatuhnya ribuan ikan dari langit saat hujan badai melanda wilayah tersebut. Sebagian ikan-ikan yang jatuh dari langit itu dalam keadaan hidup. "Mula-mula kami mencium bau amis, lalu berjatuhanlah ikan-ikan itu dari langit," kata sejumlah warga.

Apakah hanya kedua kota itu saja yang pernah dilanda hujan misterius makhluk hidup? Ternyata tidak. Sejarah telah mencatat kejadian serupa di beberapa kota di sejumlah negara. Pada tahun 1864, misalnya, di Singapura juga pernah dilanda hujan ikan. Ikan-ikan itu berjatuhan dari langit di seluruh kota sehingga menyebabkan banyak kerusakan properti, bahkan tidak sedikit yang terluka akibat tertimpa binatang air bersisik itu.

Pada tahun 1900, hal serupa juga pernah terjadi di Rhode Island. Meski banyak teori dan spekulasi, bahkan diantaranya sudah diilustrasikan dalam bentuk Video (bisa dilihat di bagia n lain artikel ini), namun titik terang atau penjelasan konkrit yang mendukung fenomena ini belum terungkap hingga sekarang. Termasuk 'hujan kodok' yang melanda Prefektur Ishikawa Jepang tahun 2009 silam dan 'hujan ubur-ubur' yang jatuh dari langit Bath Inggris tahun 1894, hingga sekarang pun belum terjawab dengan gamblang.

Apa yang bisa menyebabkan fenomena alam misterius ini terjadi? Satu-satunya teori yang berkembang dalam masyarakat dan sedikit bisa menjelaskan peristiwa ini adalah adanya proses penguapan dalam volume besar. Penguapan dengan volume besar yang bisa jadi berupa tornado kecil, memungkinkan ikut terangkatnya ikan-ikan dari danau atau kolam ke langit. Lalu, setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh, perlahan semua 'benda' yang ikut dalam perjalanan tornado itu akan jatuh, sesuai dengan berat benda yang terbawa. 

Benda-benda yang paling berat akan jatuh terlebih dulu dan menjadi hujan di suatu daerah, sedangkan benda-benda lain yang lebih ringan tetap  terbawa untuk selanjutnya jatuh lagi di daerah lainnya begitu seterusnya. Inilah yang menyebabkan spesifikasi hujan 'benda air' itu di satu daerah dengan daerah yang lainnya berbeda. Meski demikian, tak semua orang meyakini teori ini, bahkan tidak sedikit diantaranya yang justru menganggap fenomena ini sebagai wabah atau kutukan. Lalu manakah teori yang benar? Walahuallam bishawa ..hanya Allah SWT yang tahu kebenaran jawabnya


1 comment:

  1. Bingung mencari Situs Judi Taruhan Aman, Terpercaya dan Terlengkap?

    Tenang saja, ada Agen BOLAVITA yang menyediakan permainan terlengkap yang bisa Anda coba daftar dan mainkan.

    Permainan yang disediakan cukup banyak dan lengkap:
    • Sabung Ayam (S128, SV388 dan CFT2288)
    • Judi Taruhan Bola (SBOBET, IBC Bet/Maxbet dan 368Bet)
    • Bola Tangkas (Tangkasnet, Tangkas88 dan Tangkas1)
    • Casino (Sbobet Casino, WM Casino dan Green Dragon)
    • Slot Games (Play1268 dan Joker)
    • Togel (KLIK4D dan ISIN4D)

    Daftar sekarang juga di www.bolavita.ltd

    Baca juga :
    1. https://rajasabungs128.com/daftar-sabung-ayam-cara-s128-di-bolavita
    2. https://rajasabungs128.com/cara-merawat-ayam-tidak-mau-makan/


    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete

loading...