Sunday, August 19, 2018

Profil Lengkap Negara Jamaika



Jamaika adalah salah satu negara penghasil bauksit terbesar di Dunia. Di Dunia, Negara ini masih tergolong kelas menengah ke bawah. Jaamaika berada pada urutan pulau terbesar setelah Kuba dan Hispaniola di laut Karibia, Amerika Tengah. Jamaika mempunyai negara tetangga yaitu Kuba, Haiti, Dominika, yang terletak di Utara sedang Honduras, Nikaragua, Kostarika, Panama, dll terletak di Selatan. Luas wilayahnya kurang lebih sebesar pulau bangka.


Nama Asli                   : Jamaika
Internasional               : Jamaica
Bentuk Negara            : Persemakmuran Inggris
Ibu Kota                      : Kingston
Kepala Pemerintahan  : Perdana Mentri
Luas Wilayah              : 10.992 km2
penduduk                    : 2.695.867 jiwa
Bahasa                         : Inggris
Suku Bangsa               : Negro, China, Kaukasia, Indian
Agama                         : Protertan
Tanggal Bersejarah      : 6 Agustus
Kemerdekaan              : Dari Inggris
Hasil Tani                    : Gula. Tebu, kopi, pisang, kelapa, jahe, coklat, jeruk
Sumber Alam              : Marmer, Bauxite, Alumunium

SEJARAH
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya ksebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya, menjadikan tempat tersebut ideal bagi bajak laut untuk mengumpulkan perbekalan.
Pada pertengahan abad ke-17, Inggris merebut Jamaika dari Spanyol. Ketika Inggris mengusir Spanyol, banyak diantara para budak ditinggalkan yang kemudian melarikan diri ke pegunungan Jamaika dan bergabung dengan Arawaks membentuk koloni baru yang disebut Maroon.
Inggris melanjutkan kolonisasi pulau dan memegang kontrol kecuali daerah pegunungan yang didominasi Maroon.
Inggris menandatangani perjanjian perdamaian dengan Maroon, menjamin tanah dan keamanan mereka, serta menawarkan hadiah untuk setiap budak yang mereka serahkan kembali.
Jamaika terus berkembang selama dua abad berikutnya yang didukung terutama oleh perdagangan gula dan kopi.
Pemberontakan besar para budak melanda Jamaika pada abad ke-18 dan awal abad ke-19, yang mengarah pada penghapusan perbudakan pada tahun 1834.
Mulai tahun 1940-an, Jamaika mulai mendapatkan otonomi lebih luas dari Kerajaan Inggris.
Pada akhir tahun 1950-an, Jamaika bergabung dengan Federasi Hindia Barat, tapi segera mengundurkan diri, dan akhirnya mencapai kemerdekaan penuh pada tahun 1962.
Sejak tahun 1980-an, Jamaika melakukan sejumlah reformasi ekonomi yang bertujuan untuk menurunkan inflasi dan menstabilkan pertumbuhan ekonomi.
Jamaika merupakan salah satu tujuan utama di Karibia. Negara ini juga menjadi asal musik Reggae yang terkenal.
Atraksi wisata di Jamaica meliputi pantai dan keindahan perairan. Blue Lagoon yang ternama, merupakan salah satu tujuan wisata utama di Jamaika.

LETAK NEGARA JAMAIKA

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi.
Jamaika berlokasi di dekat pulau Hispaniola dan Kuba, di sebelah timur Amerika Tengah.
Batas-batas wilayahnya adalah :
  Utara                      :  Kuba
  Selatan                   :  laut Caribia
  Barat                      :  laut Caribia
  Timur                      :  haiti dan laut Caribia

LUAS JAMAIKA
Jamaica merupakan pulau yang cukup padat dan berada di selatan Cuba sejauh 145 km. Luas areanya sebesar 10.991 km2 dengan jumlah penduduk 3 juta orang. Ibukotanya adalah Kingston dengan bahasa nasional Inggris.
RELIEF
Jamaika berada di hindia barat dengan luas 11. 422 KM2. Keadaan relief negara ini empat perlima (4/5) bagian terdiri dari pegunungan dan seperlima (1/50 merupakan dataran rendah terutama sepanjang pantai.
IKLIM
Cuaca di Jamaica bervariasi sesuai tempat dan ketinggian. Suhu rata-rata udaranya, baik di musim panas mau pun musim penghujan, adalah sebesar 21-27 oC.
Di area perbukitan, suhunya lebih dingin, berkisar antara 15-20 oC. Curah hujan rata-rata di Jamaica adalah sebesar 196 cm per tahun.

GEOLOGI DAN GEOMORFOLOGI
Seperti layaknya pulau-pulau lain di Karibia, Jamaica juga memiliki pantai yang indah, namun hanya sedikit. Dataran Jamaica lebih didominasi oleh bukit dan pegunungan. Di sebelah barat laut, terdapat bukit kapur yang curam dengan lembah datar yang berlubang-lubang. Di sebelah timur lautnya, membentanglah jajaran pegunungan utama Jamaica, Blue Mountain.
Suhu di puncak  Blue Mountain adalah 13 oC, karena setiap naik 305 m dari permukaan laut suhu akan turun sebesar 3,5 oC. Dataran rendah Karibia dipenuhi oleh kebun tebu, sawah, peternakan, dan tambang bauksit.

PENDUDUK DAN MATA PENCAHARIAN
Jumlah penduduk pada tahhun 2003 mencapai 2.595.275 jiwa, yang terdiri dari suku Negro (76%), Afrika-Eropa (15%), kulit putih,  cina dan india (9%).
Bisnis agrikultur telah menghidupi seperlima jumlah penduduk Jamaica selama bertahun-tahun, begitu pula halnya dengan bisnis peternakan. Pertambangan juga merupakan unsur penting dalam industri perekonomian Jamaica, khususnya tambang bauksit. b merupakan bahan dasar aluminium. Tambang bauksit dan pabrik aluminium telah menjadi bagian hidup perekonomian Jamaica sejak era 1950an.
Pariwisata juga merupakan faktor vital bagi Jamaica dalam tonggak perekonomiannya. Setiap tahunnya, Jamaica bisa mendapat pengunjung yang jumlahnya mencapai 1,5 juta turis. Jamaica telah menjadi ikon Karibia selama bertahun-tahun. Anda dapat melihat pemandangan alam yang bervariasi di negara ini.
Mulai dari pemandangan bawah laut dengan ikan-ikan beragam warna yang mengerumuni terumbu karang yang tidak kalah indah warnanya, pemandangan pantai dengan pasir putih dan berisan pohon kelapa, hingga pemandangan hijau dari hutan hujan yang diselubungi awan tipis dengan gemericik air terjun di bawahnya! What a lovely scenery.


BUDAYA
Orang Jamaika

Jamica adalah sebuah pulau hijau dan indah subur. Jamaika memiliki budaya yang beragam dan kaya. Mereka adalah masyarakat yang multiras. Moto terkenal mereka adalah ‘Out of Banyak, Satu Orang’. Sebagian besar orang berasal dari Afrika dan merupakan keturunan budak. Orang-orang Eropa membawa mereka ke Jamaika dari Afrika. Beberapa budak lari dan disebut sebagai ‘Maroon’. Maroon memiliki tradisi bahwa mereka masih mengikuti. Jamaika juga keturunan dari negara lain di Eropa dan Asia.

Orang-orang Eropa (Spanyol, Jerman, Skotlandia, Irlandia dan Inggris) dan Afrika mendominasi dalam rakyat Jamaika. Afrika adalah yang paling dominan. Orang Cina, India, Lebanon, Suriah, Yahudi dan Skotlandia juga hadir.
Hari ini, 92% dari penduduk Jamaika berasal dari Afrika Hitam. India dan Afrika Timur-Timur India membuat sebuah% 3,4 persen dari populasi, sementara bule mewakili sekitar 3,2%. Penduduk Cina dan Afrika-Cina membentuk sedikit di atas 1% dari populasi.
Tradisi Jamaika, makanan, agama, bahasa, seni dan kerajinan dipengaruhi oleh negara-negara yang berbeda yang membentuk budaya mereka. Jamica memiliki keindahan pemandangan yang bertindak sebagai inspirasi bagi orang itu.

Bahasa Jamaika

Bahasa resmi adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa nasional selama lebih dari 300 tahun. Namun, kemungkinan besar Anda akan mendengar apa yang terdengar seperti bahasa asing. Ini bahasa yang unik disebut ” logat” . Logat adalah kombinasi dari frase Spanyol, Inggris, Portugis dan Afrika yang terdengar bahasa Inggris kemudian lebih tradisional berirama. Jamaika ramah, lucu, hangat dan baik. Jamaika dikenal untuk membuat kata-kata mereka sendiri untuk menyesuaikan dengan topik yang mereka berbicara. Cara orang Jamaika mendapatkan makanan tidak dengan pergi ke toko kelontong lokal tetapi dengan pergi ke pasar tradisional di tengah kota. Mereka membawa makanan ke rumah dengan menyeimbangkan sebuah keranjang di atas kepala mereka dengan bagian dalam makanan.

Olahraga Jamaika

Permainan populer di Jamaika polo, kriket, sepak bola, golf dan balap sepeda. Para Jamaika dikenal karena semangat mereka untuk olahraga.

Seni  Jamaika

Seni Jamaika menggambarkan kehidupan sehari-hari Jamaika. Hal ini diungkapkan oleh patung, lukisan, kolase dan karya kerajinan. Ini adalah pergeseran besar dari jenis yang lebih abstrak seni Eropa dan bahkan Afrika lebih sehat jenis seni yang berfokus pada banyak sejarah. Seni budaya Jamaika umumnya tidak fokus pada sejarah.
Jamaika tradisi
Tradisi Jamaika membantu dalam mendefinisikan budaya masyarakat. Mereka adalah tindakan ritual yang dilakukan selama periode waktu tertentu atau pada acara tertentu. Hal ini sangat banyak ditemukan di masyarakat Jamaika dan mendasar dalam mendefinisikan budaya Jamaika. Tradisi Jamaika yang paling populer adalah untuk liburan nasional yang paling, seperti Sorrel, kue Natal, puding pada waktu Natal, ikan goreng, dipinjamkan pada waktu Paskah dan hari libur nasional lainnya. Ritual seperti Malam Sembilan terkenal setelah kematian orang yang dicintai adalah tradisi populer.

Pakaian Jamaika
Sebagian karena pengaruh yang kuat bahasa Inggris, Jamaika adalah meja rias sederhana dan konservatif. Tampilan kulit frowned upon umumnya. Orang-orang di Jamaika memakai jubah berwarna-warni yang tersampir di bawah kain linen lembut. Mereka mengenakan pakaian khas ini bersama dengan topi yang cocok jubah mereka.

Makanan Jamaika
Jamaika telah masakan distictive mereka. Hidangan nasional mereka adalah ackkee dan saltfish. Daging babi brengsek pedas juga favorit. Beberapa Jamaika suka makanan vegetarian. Buah dan sayuran berlimpah di sini dan membentuk bagian utama dari banyak recipes.Spices Jamaika adalah unik untuk digunakan dalam makanan. Minuman nasional mereka adalah rum Jamican. Gunung biru kopi juga dilayani.

Agama  Jamaika
Agama adalah sangat penting untuk orang-orang Jamaika. Dikatakan bahwa gereja-gereja Jamaika memiliki maksimum per mil persegi di dunia. Ada jemaat besar Katolik Roma, Baptis, Anglikan dan Saksi Yehuwa. Agama-agama Rastafarian dan lainnya juga hadir di Jamaika.

Musik Jamaika
Musik Reggae adalah bagian yang sangat kuat dari budaya Jamaika. Musik mereka telah mencapai ketenaran internasional dengan penyanyi seperti Bob Marley terlambat. Penyanyi lain seperti Sly Dunbar, Shaggy, Melody Makers, Peringkat Shabba, Black Uhuru dan Robby Shakespeare telah memenangkan Grammy Awards dalam kategori Reggae.
Musik reggae sebenarnya kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika, blues, dan lagu rakyat Jamaika. Namun, dengan olah kombinasi dari para musisi asli Jamaika, membuat reggae jadi identitas negara tersebut. Walaupun sebenarnya musik ini akarnya berasal dari New Orleans.

POTENSI  
Pertanian              : tebu, kopi, pisang, kentang, buah-buahan, dan kelapa.
Bahan tambang    : bauksit, batu gamping dan batu tahu.
Industri                : semen, kertas, sirop gula, dan pariwisata

PARIWISTA

1.       Port Royal, Wisata Kota Bawah Laut

Berkunjung ke Jamaika terasa kurang lengkap jika tidak menikmati wisata bawah laut di Port Royal. Di dalam laut Karibia, kita bisa menyaksikan artefak dan harta yang dulunya ada di kota Port Royal. Kota Port Royal disebut juga sebagai kota tenggelam lantaran tsunami yang menerjang kota tersebut pada 7 Juni 1962. Bencana dahsyat tersebut telah menenggelamkan 2/3 bagian dari kota hingga kedalaman 8 meter di bawah permukaan laut.
Di kedalaman laut Karibia tersebut, bisa dijadikan awal kita memperlajari kota Port Royal yang pernah menajdi pusat perkapalan dan perdagangan di Jamaika, tepatnya pada abad ke-17. Saat itu Port Royal merupakan kota paling kaya, tetapi juga disebut kota paling kejam, karena syarat dengan kriminalitas. Di kota inilah, bajak laut yang paling disegani tinggal. Hingga segala bentuk kekerasan, seperti kejahatan, pelacuran, dan perdagangan budak tumbuh subur.
Pada tahun 1981, program Archaelogy Nautical Texas A and M University, bekerja sama dengan Institute of Nautical Archaelogy. Dan Jamaica National Heritage Trust, memulai penyelidikan arkeologi bawah air di Jamaika. Dengan konsentrasi mengungkap bagaimana Port Royal bisa tenggelam secara utuh. Bahkan kini, wisatawan bisa menyaksikan langsung ke dalam laut Karibia untuk melihat langsung sisa-sisa kota tenggelam tersebut.
2.      Montego Bay, Pulau dan Pantai Terindah

 Jika Anda sangat menyukai pantai sebagai tempat bersantai, ketika di Jamaika diwajibkan singgah di Montego Bay, di pulau inilah Anda akan terpuaskan. Karena pantai-pantainya yang terkenal indah dan menawan. Montego Bay yang juga sering disebut Mobay, merupakan tujuan wisata terbesar di Jamaika. Selama 50 tahun terakhir, Mobay menjadi tempat wisata yang memberikan devisa paling besar bagi Jamaika.
Di Mobay kita dapat mengunjungi Doctor’s Cave Beach Club, wisata pantai indah yang ditemukan pada tahun 1906. Lokasi ini terletak di antara taman laut dan Hip Strip, yaitu pantai yang terkenal dengan airnya yang bening dan mengandung mineral, serta memiliki pasir putih bersih, khas pantai-pantai di Karibia.
Selain terkenal dengan keindahan laut dan pantainya, Mobay juga memiliki sejuta keunikan lainnya, seperti perkebunan Croydon yang berada di kaki bukit pegunungan Catadupa. Tumbuhan di daerah ini sangat subur dan dihiasi bunga liar cantik yang mengelilingi aliran air terjun.
Melihat biota laut di Montage Bay Marine Park akan menyempurnakan wisata kita di Jamaika. Di tempat ini kita bisa menyaksikan penangkaran karang, ikan berwarna-warni, dan kura-kura di kedalaman 6 m. Selain itu cagar alam burung di Rocklands mempertegas bahwa Montego Bay merupakan pulau yang lengkap dengan tempat yang memiliki keunikan-keunikan tersendiri.

     3.     
Air Terjun Sungai Dunn

 Daerah yang terletak di sisi timur teluk Montego ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Terutama keindahan dari air terjun sungai Dunn. Di sini, keindahan air terjun dengan dinding batu kapur sangat jarang dijumpai. Air terjun sungai Dunn dengan ketinggian mencapai 183 meter ini bisa dijelajahi.

PERMASALAHAN YANG ADA DI JAMAIKA
Pariwisata Ganja Bob Marley Booming di Jamaika, di Tengh Seruan Untuk Legalitasi Ganja
Ganja merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan pariwisata di Jamaika. Pariwisata ganja di Jamaika, yang secara teknis masih ilegal, merupakan perjalanan wisata mengunjungi perkebunan ganja yang tersembunyi di negara kepulauan itu. Di sana para wisatawan dapat mencicipi strain ganja seperti "purple kush" dan "pineapple skunk".
Wisatawan akan diajak mengunjungi tempat-tempat seperti Nine Mile, kampung kecil tempat asal artis reggae legendaris pujaan para penikmat ganja sedunia, Bob Marley.

Di pegunungan hijau Jamaika, pria berambut gimbal mengantarkan para wisatawan mengunjungi ladang ganja yang tersebar di atas tanah berwarna kemerahan. Wisata seperti ini juga ditawarkan di luar kota resort barat Negril, di mana mistik dan ganja telah menarik wisatawan berkunjung kesana selama bertahun-tahun.
Seorang petani ganja yang dijuluki "Breezy" menunjukkan beberapa varietas ganja. "Ini adalah jenis sinsemilla asli, favorit Bob Marley. Dan yang satu ini adalah chocolate skunk, ini khusus untuk wanita.''
Sementara legalisasi ganja sudah mencetak kemenangan besar di beberapa negara bagian AS dan pemerintah Uruguay, namun di Jamaika tanaman ganja yang banyak manfaatnya ini masih ilegal.
Banyak orang yang berpendapat bahwa selayaknya ganja dilegalkan di Jamaika. Aktivis ganja di Jamaika belakangan ini semakin vokal menyuarakan bahwa Jamaika bisa mengangkat perekonomiannya dengan mengambil keuntungan dari wisata ganja, pantai, dan musik reggae.

Menteri Kehakiman Jamaika, Mark Golding mengatakan pemerintah Jamaika menyadari legalisasi ganja yang sudah terjadi di tempat lain dan menyebutnya sebagai “masalah yang dinamis dan berkembang dengan cepat.”

Ganja Law Reform Coalition (koalisi ganja untuk reformasi) adalah kelompok aktivis ganja yang meminta pemerintah untuk melegalkan dan mengatur penjualan ganja. Mereka sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah pada konferensi internasional di ibukota Kingston pada bulan Januari 2014. Konfrensi akan membahas mengenai prospek komersialisasi ganja.
Meskipun citra Jamaika buruk dimata dunia internasional terkait ganjanya, namun sebenarnya Jamaika adalah negara yang konservatif, religius dan terkenal dengan budaya Rasta.
Pelarangan ganja di Jamaika sudah ada sejak 1913. Pertanian ganja ilegal menurun sejak tahun 1970-an sejak dimulainya perang narkoba yang digerakkan oleh Amerika Serikat. Walaupun demikian, Jamaika adalah pemasok ganja dari kepulauan Karibia yang terbesar ke AS. Di Jamaika, wisatawan dapat dengan leluasa membeli ganja dari lobi hotel.

Chris Simunek, editor-in-chief dari majalah High Times yang berbasis di New York menyebutkan, "Sudah ada kelas dari pariwisata ganja di Jamaika, hanya saja mereka tidak menyebutkannya.
Breezy mengatakan, Amerika, Jerman dan Rusia juga melakukan tur wisata ke pertanian ganja kecil milik mereka dan memberikan sampel hasil panennya kepada wisatawan. Dengan biaya tur seharga $US 50, wisatawan tiba di rumah masa kecil Bob Marley dengan menumpang bus dan kapal pesiar. Para wisatawan sangat antusias membeli paket ganja yang dijual temannya Breezy. Mereka menjualnya melalui sebuah lubang di dinding museum.

"Di tempat tinggal saya, saya tidak pernah mendapatkan ganja seenak ini, tapi di Jamaika ada sesuatu yang benar-benar khusus dari ganja di Jamaika. Maksud saya, inilah ganja yang terinspirasi dari Bob Marley," kata seorang turis Amerika berusia 26 tahun yang bernama Angie.
Sebuah usaha pemandu wisata Jamaicamax siap memandu wisatawan untuk mengikuti tur ganja di wilayah Negril. Tetapi ada syarat: pertama-tama anda harus menghisap ganja dulu bersama pemandu wisata untuk membuktikan bahwa anda bukan penegak hukum.
"Setelah anda merokok ganja bersama kami, maka kami akan membawa anda ke objek wisata ganja terbaik di Jamaika dan anda akan 'bertemu' dengan Bob Marley,'' demkian dikatakan situs perjalanan tersebut.

Lebih dari satu dekade setelah komisi pemerintah mengatakan ganja adalah "budaya yang tertanam" di Jamaika, para politisi berpengaruh dan pengusaha di Jamaika mendorong pemeintah untuk melonggarkan hukum dan merekomendasikan untuk segera mendekriminalisasi penggunaan ganja untuk keperluan pribadi bagi orang dewasa.


2 comments:

loading...