Sunday, May 13, 2018

MODEL PENILAIAN KELAS


Oleh :Eddy Purnomo (Dosen universitas lampung)


PELAKSANAAN PENILAIAN

1.Penilaian eksternal: untuk memperoleh pengakuan kualitas yang ditentukan lembaga penilaian eksternal:
      a. Penilaian internasional
      b. Penilaian nasional
      c. Penilaian lokal
2.  Penilaian Internal: dilakukan guru untuk menilai kompetensi tertentu.

PENILAIAN KELAS
-Penilaian yang dilakukan secara terpadu dengan pembelajaran, menggunakan multi metode, 
menyeluruh dan berkesinambungan, sehingga mampu mendorong siswa untuk lebih berprestasi
ž-Merupakan salah satu bagian dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi
-Meliputi proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa
-Pelaksanaannya berkelanjutan
-Bukti-bukti otentik dan akurat
-žKonsisten sebagai akuntabilitas publik

PELAKSANAAN PENILAIAN KELAS
ØDilakukan oleh  Guru untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang ditetapkan, bersifat internal, bagian dari pembelajaran, dan sebagai bahan untuk peningkatan mutu hasil belajar
ØBerorientasi pada kompetensi, mengacu pada patokan/kriteria, ketuntasan belajar dan dilakukan melalui berbagai cara. 


DALAM MELAKSANAKAN PK, GURU HARUS:
-Memahami bahwa penilaian merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran
-Mengembangkan berbagai strategi dalam melakukan penilaian (termasuk membuat kisi-kisi)
-Mengembangkan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar siswa
-Mengembangkan sistem administrasi dan pengamatan belajar siswa
-Menggunakan berbagai bukti hasil kerja siswa untuk menetapkan pencapaian kompetensi siswa.

MANFAAT PENILAIAN KELAS
-žMemberi umpan balik bagi siswa agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi, sehingga mereka termotivasi untuk meningkatkan dan memperbaiki proses dan hasil belajarnya
-Memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan perbaikan (remedial) dan pengayaan (enrichment)
-Umpan balik bagi guru untuk memperbaiki pendekatan, metode, kegiatan, dan bahan ajar yang digunakan
-Masukan bagi guru guna merancang pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa dapat mencapai kompetensi dengan kecepatan belajar yang berbeda-beda dalam suasana kondusif menyenangkan
-Memberi informasi kepada orangtua dan masyarakat tentang efektivitas pendidikan di sekolah sehingga partisipasi orangtua dan masyarakat dapat ditingkatkan   


          PRINSIP PENILAIAN KELAS
           žValid
    žReliabel
    žMendidik
    žBerorientasi pada Kompetensi
lAdil dan Objektif
lTerbuka
lMenyeluruh
lBerkesinambungan
lBermakna

No comments:

Post a Comment

loading...