Saturday, May 19, 2018

Hal -Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penentuan KKM


MENETAPKAN KKM

A.Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :

  1. Kompleksitas  :  - Tinggi = 1

  - Sedang = 2

  - Rendah = 3

  2. Daya dukung  :  - Tinggi = 3

  - Sedang = 2

  - Rendah = 1

  3. Intake/k’mmpuan:  - Tinggi = 3

  - Sedang = 2

  - Rendah = 1

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake 

siswa sedang à nilainya adalah:
                                                   (3 + 3 + 2) x 100 = 88.89

                                                                9


B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:

  1.  Kompleksitas    - Tinggi = 50-64

  - Sedang = 65-80

  - Rendah = 81-100

  2.  Daya dukung  :  - Tinggi = 81-100

  - Sedang = 65-80

  - Rendah = 50-64

  3. Intake  :  - Tinggi = 81-100

  - Sedang = 65-80

  - Rendah = 50-64


Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake 

sedang à nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan.

Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu 

kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah.



C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria 
untuk menetapkan nilai :
  1. Kompleksitas  :  - Tinggi
  - Sedang
  - Rendah 

  2. Daya dukung  :  - Tinggi
     - Sedang
     - Rendah

  3. Intake         :  - Tinggi
                         - Sedang
                         - Rendah
    Contoh :

    Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai  ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.

TINGKAT KOMPLEKSITAS

(Kesulitan & Kerumitan) setiap KD yang harus dicapai oleh siswa.
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya  menuntut :
SDM 
ü memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa
ü kreatif dan inovatif dalam   melaksanakan
     pembelajaran.
WAKTU
ücukup lama karena perlu pengulangan

PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.

KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG:

yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.







No comments:

Post a Comment

loading...