TEKNIK PENILAIAN
§ Tes Tertulis (Paper & Pencil)
§ Tes Lisan
§ Unjuk Kerja (Performance)
§ Penugasan (Proyek/Project)
§ Hasil kerja (Produk/Product)
§ Portofolio (Portfolio)
§ Penilaian Sikap
PENILAIAN TERTULIS
Diadakan untuk waktu yg terbatas dan dalam kondisi tertentu
Alat penilaian benar-salah, isian singkat, menjodohkan dan pilihan ganda
Esai biasanya digunakan untuk menilai: mengemukakan pendapat, berpikir logis, menyimpulkan
PENILAIAN LISAN
1. Tanya jawab singkat
2. Pelafalan
3. Membaca nyaring
4. Mendengarkan
5. Instruksi lisan
7. Percakapan
TES PERBUATAN
Kinerja/Unjuk Kerja (Performance)
Tugas proyek (Project)
Hasil karya (Product)
PENILAIAN UNJUK KERJA
Penilaian
unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan
sesuatu.
Unjuk
kerja yang dapat diamati seperti: bermain peran, memainkan alat musik,
bernyanyi, membaca puisi/deklamasi, menggunakan peralatan laboratorium,
mengoperasikan suatu alat.
PENILAIAN PROYEK
Penilaian
proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas
yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa
suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian,
pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan,
diantaranya untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan dalam bidang tertentu,
kemampuan peserta didik mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam penyelidikan
tertentu,
dan kemampuan peserta didik dalam meng-informasikan subyek tertentu
secara jelas.
TEKNIK PENILAIAN PROYEK
Penilaian cara ini
dapat dilakukan mulai perencanaan, proses
selama pengerjaan tugas, dan terhadap hasil akhir proyek. Dengan demikian guru
perlu menetap-kan hal-hal atau
tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data,
kemudian menyiapkan laporan tertulis.
Pelaksanaan penilaian ini dapat menggunakan alat/ instrumen penilaian berupa daftar cek (checklist) ataupun skala rentang (rating scale)
Bbrapa contoh kegiatan siswa dlm penilaian proyek:
a. penelitian sederhana ttg tumbuh2an sekitar
rumah;
b. penelitian sederhana tentang perkembangan
harga sembako.
PENILAIAN PRODUK
Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan dalam membuat suatu
produk dan kualitas produk tersebut. Penilaian produk tidak hanya diperoleh dari hasil akhir saja
tetapi juga proses pembuatannya.
Penilaian produk meliputi penilaian terhadap kemampuan peserta
didik membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian,
hasil karya seni (patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu,
keramik, plastik, dan logam.
PENILAIAN PORTOFOLIO
Penilaian portofolio didasarkan pada kumpulan pekerjaan yang diberikan guru kepada siswa selama waktu tertentu sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Melalui penilaian portofolio dapat diketahui perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas dari waktu ke waktu dan dapat dibandingkan dengan siswa lain.
Penilaian dengan mengumpulkan informasi (data) secara sistematik atas hasil
kerja/karya siswa.
Hasil penilaian memiliki akurasi yang tinggi karena hasil belajar siswa tercatat secara
sistematis, berkelanjutan, dan runtut.
Berfungsi sebagai alat untuk mengetahui kemajuan/ perkembangan kompetensi yang
telah dicapai siswa dan mendiagnosis kesulitan belajar
Sangat efektif sebagai umpan balik untuk proses perbaikan dan penyempurnaan
kegiatan pembelajaran
OBSERVASI/PENGAMATAN SIKAP, MINAT
PENILAIAN SIKAP
Sikap
berangkat dari perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan
kecenderungan bertindak seseorang dalam merespon sesuatu/objek.
Sikap
juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai
atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk untuk
terjadinya perilaku atau tindakan yang diinginkan Secara
umum, objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran berbagai mata
pelajaran adalah sebagai berikut.
· Sikap terhadap materi pelajaran
· Sikap terhadap guru/pengajar
· Sikap terhadap pembelajaran
· Sikap berkaitan dengan
nilai-nilai atau
norma-norma tertentu
berhubungan dengan
suatu materi pelajaran
Penilaian Hasil Belajar Masing-masing Kelompok Mata Pelajaran
1.Kelompok mapel agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian dilakukan melalui:
pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk menilai afeksi dan kepribadian pesetra didik.
ujian, ulangan, penugasan utk mengukur aspek kognitif peserta didik.
2. Penilaian hasil belajar kelompok mapel ilmu pengetahuan dan teknologi diukur melalui ulangan, penugasan, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik materi yang dinilai.
3. Penilaian hasil belajar kelompok mapel estetika dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk menilai perkembangan afeksi dan ekspesi psikomotoris peserta didik.
4. Penilaian hasil belajar kelompok mapel jasmani, olahraga dan kesehatan, serta kesenian dilakukan melalui:
pengamatan terhadap perubahan perila-ku dan sikap untuk menilai perkembang-an psikomotorik dan afeksi peserta didik.
ujian, ulangan, penugasan utk mengukur aspek kognitif peserta didik.
No comments:
Post a Comment