Thursday, July 26, 2018

PROFIL NEGARA MALASYSIA




Nama resmi                : Federation of Malaysia
Ibukota                       : Kuala Lumpur
Luas wilayah             : ± 332.370 km²
Jumlah penduduk     : 25.180.000 (2003)
Kepadatan                 : ± 76/km²
Agama                        : Islam (resmi), Buddha, Hindu, Kristen, Kong Hu Cu, dan
  Taoisme
Suku bangsa              : Mayoritas etnis Melayu, sisanya adalah keturunan Cina,
  Arab, India, dan Eropa
Mata uang                  : Ringgit
Bahasa                        : Melayu (bahasa resmi), Inggris, Cina, dan bahasa Tamil
Lagu kebangsaan      : Negaraku
Kemerdekaan            : 31 Agustus 1957 (dari kekuasaan Inggris)

Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Letak Negara Malaysia1ºLU-7º30' LU dan 99º BT-119º BT. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan — Malaysia Barat dan Malaysia Timur — oleh Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Cina Selatan. Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina.
Negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropika. Kepala negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong dan pemerintahannya dikepalai oleh seorang Perdana Menteri.

2.1.            ETIMOLOGI

Kata Malaysia terlihat pada peta tahun 1914 dari sebuah atlas Amerika.
Nama "Malaysia" diadopsi pada 1963 ketika Federasi Malaya bertambah Singapura, Sabah, dan Sarawak membentuk federasi bernama Malaysia. Seorang etnolog Inggris, George Samuel Windsor Earl, di dalam jilid IV Jurnal Kepulauan India dan Asia Timur pada 1850 mengusulkan untuk menamai kepulauan Indonesia sebagai Melayunesia atau Indunesia, kendati dia lebih menyukai yang terakhir.

2.2.            GEOGRAFI

3.      Peta Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur
Malaysia adalah negara berpenduduk terbanyak ke-43 dan negara dengan daratan terluas ke-66 di dunia, dengan jumlah penduduk kira-kira 27 juta dan luas wilayah melebihi 320.000 km2. Jumlah penduduk sedemikian cukup sebanding dengan jumlah penduduk Arab Saudi dan Venezuela, dan luas wilayah sedemikian sebanding dengan luas wilayah Norwegia dan Vietnam, atau New Mexico, sebuah negara bagian di Amerika Serikat.
Malaysia terdiri atas dua kawasan utama yang terpisah oleh Laut Cina Selatan. Keduanya memiliki bentuk muka bumi yang hampir sama, yaitu dari pinggir laut yang landai hingga hutan lebat dan bukit tinggi. Puncak tertinggi di Malaysia (dan juga di Kalimantan) yaitu Gunung Kinabalu setinggi 4.095,2 meter di Sabah. Iklim lokal adalah khatulistiwa dan dicirikan oleh angin muson barat daya (April hingga Oktober) dan timur laut (Oktober hingga Februari).
Tanjung Piai, terletak di selatan negara bagian Johor, adalah tanjung paling selatan benua Asia. Selat Malaka, terletak di antara Sumatera dan Semenanjung Malaysia, jalur pelayaran terpenting di dunia.
Kuala Lumpur adalah ibukota resmi dan kota terbesar di Malaysia. Putrajaya di pihak lain, dipandang sebagai ibukota administratif pemerintahan persekutuan Malaysia. Meskipun banyak cabang eksekutif dan judikatif pemerintahan persekutuan telah pindah ke sana (untuk menghindari kemacetan yang tumbuh di Kuala Lumpur), tetapi Kuala Lumpur masih dipandang sebagai ibukota legislatif Malaysia karena di sanalah beradanya kompleks gedung Parlemen Malaysia. Kuala Lumpur juga merupakan pusat perdagangan dan keuangan Malaysia.
Kota utama lain termasuk Ipoh, George Town, Johor Bahru, Kuching, Kota Kinabalu, Miri, Alor Star, Kota Melaka, dan Petaling Jaya.

2.3.4.      Bentang Alam

A.  Malaysia Bagian Barat
Malaysia bagian barat atau Semenanjung Malaya dibelah oleh rangkaian pagunungan yang memisahkan kawasaan pantai barat dan timur pada bagian utaranya. Puncak tertinggi dari pegunugan tersebut ialah Gunung Tahan yang memiliki ketinggian kira-kira 2.187 m. Nama-nama gunung lain di Malaysia Barat, antara lain : Gunung Batu Putih, Gunung Chamah, Gunung Korbu. Di Malaysia Barat juga terdapat beberapa dataran rendah, yaitu Dataran Selangor di barat, Dataran Johor di selatan, Dataran Pahang di timur, dan Dataran Kelantan di timur laut. Sedang beberapa sungai di Malaysia Barat, antara lain : Sungai Pahang, Sungai Perak, dan Sungai Kelantan.

B.  Malaysia bagian timur
Wilayah Malaysia Timur sebagian besar berupa pegunungan yang merupakan rangkaian atau bagian dari Pegunungan Sirkum Pasifik, dengan puncak tertinggi adalah Gunung Kinabalu dengan tinggi kira-kira 4.175 m. Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai utara dan pantai bagian barat. Sungai utama yang terdapat di Malaysia Timur ini, antara lain : Sungai Kinabatangan, Sungai Rajam, dan Sungai Baram.

2.3.5.      Keadaan Iklim
Berdasarkan letak astronomis dan kondisi alamnya, seluruh wilayah Malaysia beriklim laut tropis dengan curah hujan cukup tinggi, yaitu sekitar 2.500 – 5.000 m per tahun. Pada bulan Oktober – Maret bertiup angin musin timur laut yang banyak mengandung uap air melewati Malaysia sehingga wilayah tersebut terjadi musim hujan sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April – September. 

No comments:

Post a Comment

loading...